PUNCAH HARGANAS KE 26 TINGKAT DIY DI KABUPATEN KULON PROGO

BKKBN JOGJA ONLINE : Bertempat di Gedung Taman Budaya Kabupaten Kulon Progo , Pada Hari Kamis, 1 Agustus 2019 telah dilaksanakan Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke 26 Tingkat DIY yang dihadiri oleh Kepala BKKBN Pusat , dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K)., serta Pejabat Tingkat DIY . Kegiatan acara ini, diisi dengan beberapa sambutan, pemberian penghargaan, bantuan, penampilan paduan suara, dan pameran.
Kepala BKKBN dalam sambutannya mengatakan . dalam momentum ini kami berharap dengan harganas ke 26 Tahun 2019 ini ini adanya pemahaman baru tentang keluarga, kemudian ditularkan kepada anak cucu , kemudian anak cucu kita punya pandangan yang baik. Dengan pandangan dan pikiran yang baik, bisa selamat dari pengaruh negatif., dengan harapan setelah adanya Harganas ini, kemudian bisa menggerakkan mulai dari ibu rumah tangga, kader, PKK, melalui Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia.
Harapan saya, pemahaman-pemahaman seperti ini bisa di share, di Hari Keluarga ini. Makanya ada seminar kependudukan, seminar terkait kesehatan reproduksi, kita share. Harapan saya, dengan harganas ini maka ada pemahaman baru tentang keluarga, yang keluarga itu bisa mengisi pikiran anak cucu kita, kemudian anak cucu kita punya pandangan yang baik. Insya Allah kalau anak cucu kita punya pikiran yang baik, pandangannya baik, dia selamat dari pengaruh-pengaruh yang negatif. Dan bisa memanfaatkan era digitalisasi ini untuk hal-hal yang positif. Itu harapan saya. Keluarga sangat kompleks, banyak fungsinya, mulai dari Fungsi Keagamaan, Fungsi sosial budaya, Fungsi Cinta Kasih, Fungsi Perlindungan, Fungsi Reproduksi, Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan, Fungsi Ekonomi, Fungsi Pembinaan Lingkunan, Makanya keluarga menjadi unit analsis terkecil didalam tengah-tengah masyarakat yang bisa dipakai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Jadi kalau mau mensejahterakan masyarakat, maka unit analsis terkecilnya adalah keluarga. Harus bisa menyelesaikan masalah dalam keluarga, untuk menyelesaikan masalah di dalam masyarakat. Maknanya seperti itu
Pada Puncak Peringatan Harganas ini, juga disampaikan sambutan : Ketua Umum Panitia Hari Keluarga Nasional ke 26 Tingkat DIY, Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam yang juga Wakil Ketua tim Penggerak PKK DIY, serta Sambutan Selamat datang oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo.
Untuk penyerahan penghargaan, Kepala BKKBN menyerahkan penghargaan kepada beberapa penerima penghargaan. Pemberian Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI kepada Walikota Yogyakarta, Penghargaan Dharma Karya Kencana dari Kepala BKKBN diberikan kepada Kapolda DIY , Irjen Pol.Drs.Ahmad Dofiri, M Si
Pemberian Sertifikat Terbaik Uji Kompetensi Penyuluh KB Terbaik I diberikan kepada Dra. Umi Wasriyati,MM ( PKB Gunung Kidul ) Terbaik II diberikan kepada Wadhikhah ( PKB Bantul ) Serta Terbaik III Filia Falentina Efrata,SSos.( PKB Kulon Progo )
Bantuan ATTG bagi Kelompok UPPKS. Kelompok Putri Sari (jenis usaha minuman). Kelompok Mekar 2 (Jenis Usaha Makanan). Kelompok Sido Mekar (Jenis Usaha Kerajinan).
Pemberian Hadiah Lomba dalam rangka PKK-KKBPK-Kesehatan, Tingkat Nasional.
Juara 1 Lomba PKK KKBPK-Kes: Kelurahan Pringgokusuman, Gedong Tengen Kota Yogyakarta.
Juara 1 Pengelola LBS : Desa Donokerto Turi Sleman.
Juara 1 Pengelola Posyandu : Desa Pagerharjo Samigaluh Kulon Progo
Juara 1 Pengelola PHBS : Desa Gerbosari Samigaluh Kulon Progo.
Hadir pada peringatan Harganas ini, Gubernur DIY diwakili oleh Asisten Pemberdayaan SDM Setda DIY Ir.Arofa Noor Indriani,MSi, Forkopimda DIY dan Kabupaten, Bupati-Walikota se-DIY beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kab/ Kota se DIY, jajaran BKKBN DIY, dan tamu undangan.
Bantuan Sepeda juga diberikan kepada bagi keluarga Pra Sejahtera, yaitu: Keluarga Bapak Suradi (Pengasih), Bapak Ngabadi (Sidomulyo), Bapak Ardani (Kedungsai), Bapak Saidi (Desa Sendangsari), Bapak Heri (Desa Tawangsari). Yang disampaikan Asisten Pemberdayaan SDM Setda DIY Ir.Arofa Noor Indriani,MSi kepada para penerima.
Terkait pelaksanaan Harganas ini Wabup Kulon Progo Drs.H.Sutedjo menyambut baik dan terimakasih pelaksanaan Harganas Tingkat DIY dilaksanakan di Kulon Progo.

Sumber Berita : Perwakilan BKKBN DIY