GUBERNUR DIY HARAPKAN BAKSOS TNI MANUNGGAL KB KESEHATAN (TMKK) DIY TAHUN 2019 DIJALANKAN PENUH SEMANGAT

BKKBN JOGJA ONLINE : kegiatan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) DIY tahun 2019 dapat dijalankan dengan penuh semangat, penuh sinergisitas antara TNI, Perwakilan BKKBN DIY, Pemerintah Provinsi dan sektor terkait lainnya, demikian sambutan Gubernur DIY yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial Budaya dan Kemasyarakatan Drs Tri Mulyono MM mewakili Gubernur saat mencanangkan kegiatan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) DIY tahun 2019 di Auditorium LPP Yogyakarta Jl. Urip Sumoharjo, Yogyakarta (Rabu, 21/8/2019).
Lebih lanjut Gubernur menyampaikan bahwa Dengan program KB Kesehatan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memastikan keselamatan ibu hamil untuk mengurangi kejadian kematian, meningkatkan kualitas keluarga lewat kampung KB di wilayah yang kumuh dan miskin.
Kegiatan TMKK yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, BKKBN dan pihak terkait lainnya ini merupakan bukti bahwa TNI tanggap siap melayani masyarakat dalam berbagai kesempatan yang sejatinya menjadi roh TNI sejak dulu. “ pungkasya.
Sementara itu menurut Kasiter Korem 072 Pamungkas Letkol Inf. Hari Santoso, S.Sos sesuai UU No 34 Tahun 2004, TNI dalam tugasnya melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan Operasi Militer Perang. Di dalam OMSP ada beberapa tugas yang dilaksanakan diantaranya membantu Pemerintah melaksanakan program KB. Kerjasama BKKBN dan TNI tertuang dalam nota kesepahaman yang berlaku sejak tahun 2014. Dalam penguatan pencapaian sasaran program KB dan Kesehatan setiap tahun dilaksanakan di Kodim-kodim dimana di DIY terdapat 5 Kodim.
Kedepannya Kasiter Korem 072 Pamungkas berharap bantuan dari semua pihak yang terkait, sehingga sasaran dan tujuan yang ditetapkan bersama dapat berjalan dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat di lingkungan masing-masing.
Pada kesempatan yang sama Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN DIY Rohdiana Sumariati, S.Sos. MSc menjelaskan kegiatan pencanangan ini merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan untuk mengupayakan percepatan pencapaian kesertaan KB Baru, KB Aktif, Ketahanan Keluarga dan berbagai upaya pengendalian penduduk khususnya di DIY.
Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 250 orang tamu undangan dari Perwakilan BKKBN DIY, TNI, Polri, Dharma Pertiwi, Bhayangkari, Pemda DIY, OPD KB Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Kab/Kota, TP PKK, Pengurus Kampung KB DIY ini dilakukan penyerahan buku “Pilihan Metode Kontrasepsi” kepada Kodim Kabupaten/Kota yang diserahkan secara simbolis oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial Budaya dan Kemasyarakatan Drs Tri Mulyono MM kepada para Pasiter Kodim Kabupaten/Kota dan disemarakkan dengan pertunjukan “Tari Dhahana Murka” dari Kodim Kabupaten Bantul.

Sumber Berita : Bidang ADPIN BKKBN DIY