PROGRAM KAMPUNG KB DALAM MEMBENTUK KELUARGA SEJAHTERA SUDAH MEMBERIKAN HASIL POSITIP

BKKBN JOGJA ONLINE : Merujuk data statistik menurut tahun pembentukan, jumlah Kampung KB di DIY hingga tahun 2018 telah terbentuk 160 Kampung KB. Demikian disampaikan Asisten Sekda DIY Bidang Pemberdayaan SDM Ir. Arofa Noor indriani saat memberikan sambutan dalam acara “Pengembangan Center of Excelent (CoE) Pengelolaan Kampung KB dalam rangka Launching dan Sosialisasi Kampung KB Percontohan Tahun 2019.” Di Ruang Indraprasta 1, Sahid Raya Hotel, Caturtunggal, Depok, Sleman (27/8/2019).

Berdasarkan penelitian Nafisah tahun 2018 sambung Arofa Noor Indriani, program kampung KB dalam membentuk keluarga sejahtera sudah memberikan hasil positif apabila dilihat dari 4 program unggulan yaitu BKB, BKR, BKL dan UPPKS. Setiap kampung mempunyai program-program tambahan dilihat dari permasalahan yang dihadapi.

Namun disamping keberhasilan yang dicapai, DIY juga dihadapkan pada suatu tantangan permasalahan-permasalahan seperti tingginya angka urbanisasi, tingginya jumlah penduduk lansia yaitu sebesar 16,13% atau 455.040 jiwa dari jumlah penduduk DIY sebesar 3,4 juta serta tingginya angka penduduk usia muda sebesar 24,54% dan lain-lainnya, sehingga semuanya memerlukan penanganan program melalui sinergitas lintas sektor, penguatan kerjasama dan kemitraan serta bersifat inklusif, pungkasnya.

Sementara itu menurut Plt. Sekretaris Perwakilan BKKBN DIY Dra. Ita Suryani, M.Kes tujuan dari launching Kampung KB Percontohan untuk memberikan kekuatan terhadap pelaksanaan program KKBPK melalui Kampung KB Percontohan. Perwakilan BKKBN DIY pada awalnya hanya akan me-launching 6 Kampung KB Percontohan tapi kemudian ada tambahan 3 kampung KB Percontohan hasil inisiatif para pihak terkait di Kabupaten/Kota.

Acara Kegiatan yang dihadiri oleh 165 orang terdiri dari Pemda DIY, Perwakilan BKKBN DIY, OPD KB Kabupaten/Kota, Camat yang mewilayahi Kampung KB Percontohan, Lurah yang mewilayahi Kampung KB Percontohan, PKB Pembina Kampung KB Percontohan, Perwakilan dari Pokja Kampung KB Percontohan ini pada sesi terakhir diisi dengan penyampaian materi oleh 2 orang narasumber yaitu Dra. Ita Suryani, M.Kes yang mengetengahkan Kebijakan dan Strategi Kampung KB Percontohan serta Dra. Kanthi Aryekti, M.Kes yang menyampaikan Rencana Tindak Lanjut Kampung KB Percontohan, dengan dimoderatori oleh Widyaiswara Perwakilan BKKBN DIY Rahmat Hidayat, S.Sos. MA.

Sumber Berita : Subbid Hubalila Bidang ADPIN BKKBN DIY