SEKDA DIY BERPESAN PEKERJAAN SEBAGAI PENYULUH KB JANGAN HANYA DIANGGAP SEBAGAI RUTINITAS

BKKBN JOGJA ONLINE : Penyuluh Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) merupakan ujung tombak dari keberhasilan program-program yang diusung BKKBN. Para penyuluh tersebut harus berperan seperti kamus yang mampu menjawab setiap pertanyaan masyarakat mengenai program pemerintah.

Demikian disampaikan Sekda DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji pada pertemuan Koordinasi Profesi Penyuluh KB DIY Tahun 2019, Selasa (03/12) di Sahid Raya Hotel, Babarsari, Sleman, Yogyakarta. Untuk bisa melayani kebutuhan informasi masyarakat tersebut lanjut Sekda, penyuluh harus selalu mengasah pengetahuan, pengalaman serta diskusi sebagai bekal.

Sekda DIY berpesan, pekerjaan sebagai penyuluh jangan hanya dianggap sebagai rutinitas. Harus ada format baru yang lebih menarik supaya pesan yang disampaikan tidak membosankan. Meskipun secara rutin penyuluh menyampaikan pesan rutin dari pemerintah, namun pesan harus disampaikan dengan tidak monoton.

Dalam kegiatan ini Sekda DIY juga menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Bhaksos TNI Manunggal KB Kesehatan Tk. DIY Tahun 2019 dan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tk. DIY Tahun 2019.
Untuk Lomba Bhaksos TNI Manunggal KB Kesehatan Tk. DIY juara 1 sampai 3 masing-masing diraih oleh Kodim 0732 Sleman, Kodim 0731 Kulonprogo, dan Kodim 0730 Gunungkidul.
Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tk. DIY juara 1 diraih oleh TP PKK Kelurahan Wirogunan Kota Yogyakarta. Juara 2 dan 3 masing-masing diraih TP PKK Desa Banguntapan, Kabupaten Bantul dan TP PKK Desa Pakembinangun, Kabupaten Sleman.
Sementara itu Plt. Kepala Perwakilan BKKBN DIY Rohdhiana Sumariati, S.Sos, MSc dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan pada akhir tahun 2019 yang dimaksudkan untuk melakukan persiapan sejak awal agar pencapaian program KKBPK di tahun 2020 dapat semakin meningkat lagi, khususnya kepada teman-teman Penyuluh KB dan Petugas Pelayanan KB (PPKB) agar selalu berupaya meningkatkan kinerjanya, selalu bersemangat dan mendorong keberhasilan Program KKBPK di lini lapangan.

Kegiatan pertemuan yang bertema “Mengoptimalkan Peran IPeKB dalam mendukung Keberhasilan Program KKBPK dan Pendataan Keluarga Tahun 2020” ini menghadirkan 2 orang narasumber yaitu Kabid ADPIN Perwakilan BKKBN DIY Dra. Ita Suryani, M.Kes yang menyampaikan “Evaluasi Program KKBPK dan Sosialisasi Pendataan Keluarga 2020” dan Ketua IPeKB Nasional Triyana, SE yang mengetengahkan “Peran IPeKB dalam mendukung Keberhasilan KKBPK Tahun 2020” dengan moderator Ir. Sihana Yuliarta.

Acara yang diikuti oleh sekitar 300 peserta terdiri dari semua pengurus dan anggota IPeKB DIY, petugas pelayanan Keluarga Berencana (PPKB), DP3AP2 DIY, Korem 072 Pamungkas, TP PKK DIY dan Kabupaten/Kota, Perwakilan BKKBN DIY serta perwakilan dari OPD KB Kabupaten/Kota ini semakin semarak dengan adanya penampilan Komedian Jogja Wisben Antoro dan Jonet yang memberikan hiburan lawak dan motivasi

Sumber Berita : Subbid Hubalila BKKBN DIY