Depan > Index Berita > KELOMPOK UPPKS LUMINTU 1 KELURAHAN WIROGUNAN , MERGANGSAN , KELOMPOK TERBAIK DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013
KELOMPOK UPPKS LUMINTU 1 KELURAHAN WIROGUNAN , MERGANGSAN , KELOMPOK TERBAIK DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013
Rabu, 20 Maret 2013

BKKBN JOGJA ONLINE : ada tahun 2013 ini kantor KB Kota Yogyakarta mengadakan seleksi lomba KB-KS ( Keluarga Berencana – Keluarga Sejahtera ) diantaranya adalah lomba kelompok UPPKS ( Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera ).
Seleksi lomba kelompok UPPKS ini melalui 3 tahap, yaitu :
Tahap pertama adalah penilaian administrasi kelompok UPPKS di 14 kecamatan yang ada di kota Yogyakarta.
Tahap kedua adalah seleksi dari kelompok UPPKS yang masuk 3 besar yaitu UPPKS dari kecamatan Mantrijeron, kecamatan Wirobrajan dan Kecamatan Mergangsan, dari 3 besar ini diambil lagi 2 nominasi.
Dari 2 nominasi kelompok UPPKS yaitu antara kelompok UPPKS kecamatan Wirobrajan dan kecamatan Mergangsan maka dikunjungi untuk melihat secara detail profil UPPKS yang bersangkutan,antara lain melihat  bagaimana usaha kelompoknya, usaha anggotanya, proses produksinya, jenis usahanya, cara pemasarannya, administrasi kegiatannya dan yang tidak kalah penting adalah kesertaan KB nya.
Dari penilaian tersebut maka UPPKS Lumintu 1, RW 01 kelurahan Wirogunan, kecamatan Mergangsan berhak mendapat predikat sebagai kelompok UPPKS terbaik di kota Yogyakarta pada tahun 2013.
Kelompok UPPKS Lumintu 1 mengikuti seleksi tingkat provinsi DIY pada tanggal 15 Maret 2013, bertempat di wilayah RW 1 Bintaran, kelurahan Wirogunan, kecamatan Mergangsan , Kota Yogyakarta.
Sebagai kelompok UPPKS terbaik tentunya UPPKS LUMINTU 1, mempunyai kegiatan – kegiatan yang menonjol, kelompok UPPKS Lumintu 1 mempunyai tujuan “Meningkatkan pendapatan      keluarga untuk membentuk  keluarga yang berkualitas   yang berwawasan luas,   trampil dan modern. “
Kelompok UPPKS Lumintu 1 juga mempunyai Visi dan Misi :
Visi  :    Meningkatkan pendapatan    keluarga untuk membentuk  keluarga   yang berkualitas  yang berwawasan luas, trampil dan modern. Misi :   Meningkatkan pendapatan    keluarga untuk membentuk  keluarga  yang berkualitas   yang berwawasan luas, trampil dan modern.
Jenis Usaha di kelompok UPPKS Lumintu 1 : pertama usaha kelompok terdiri dari : Batik Jumput dan Simpan Pinjam
batik Jumput
 
kedua usaha Sub Kelompok : Lesehan sayidan  (  Bebek  goreng dan Tahu Gimbal) dan Tas
Lesehan Sayidan ( Lesa ),  bebek goreng dan tahu gimbal
ketiga usaha yang bermitra antar anggota  Kelompok UPPKS LUMINTU 1 : yaitu RIAS / SALON ( ada 4 anggota yang mempunyai rias/salon mereka saling bekerjasama jika mereka mendapatkan job )
Rias salon
keempat usaha Perseorangan, meliputi : Kerajinan/ Souvenir/ Hantaran , Jasa Salon , Jasa Pijat Tradisional , Dagang nasi bungkus, es batu, pakaian, camilan, counter pulsa dll ) , menjahit danbudidaya jamur tiram .
Di toko kerajinan ibu Rina, salah satu anggota UPPKS Lumintu 1
Modal Kelompok UPPKS LUMINTU 1 , terdiri dari : pertama modal awal adalah modal sendiri, terus ada iuran anggota yang bisa dipinjamkan, kedua bantuan pinjaman modal dari Koperasi “Aku Sejahtera”, melalui Kantor KB sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) sudah 2 x, ketiga bantuan hibah dari DINAS PERINDAGKOPTAN KOTA YOGYAKARTA sebesar Rp.10.000.000,-  (Sepuluh Juta Rupiah), keempat modal pribadi , pinjam di bank seperti BRI, kelima keuntungan dari usaha anggota yang   disisihkan ke   kelompok UPPKS.
Cara Pemasaran di Kelompok UPPKS LUMINTU 1 :
pertama dengan membagikan brosur UPPKS Lumintu I dalam acara pertemuan-pertemuan warga per RW Kelurahan, Kecamatan, pada saat ikut pameran dll kedua ikut bazar/pameran /tampilan dalam even-even tertentu, ketiga memperkenalkan produk ke Dinas-Dinas /Kantor-Kantor, keempat Bekerja sama dengan pihak ke tiga
kelima memanfaat kan TI dengan membuka Face Book dan Website  dengan alamat www.lumintu 1
Jangkauan Pemasaran Produk dari Kelompok UPPKS LUMINTU1: Lingkungan  RW ( semua jenis usaha  ), Lingkungan Kelurahan (semua jenis usaha  ), Lingkungan Kecamatan  (semua jenis usaha  ), Tingkat Kota dan provinsi  (Kerajinan, Souvenir dan tas ), Antar Provinsi  : Kerajinan ( Kalimantan, Sulawesi, NTB dan Mataram),  Rias ( Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah ), Antar Negara ( Belanda  ,  Tas  )
tas  bahan dari limbah tas plastic ( di ekspor ke Belanda )
Kelompok UPPKS LUMINTU 1 diketuai oleh ibu Yuniarti, mempunyai 2 ( dua ) orang anak , menggunakan alat kontrasepsi IUD.
Ibu Yuniarti, Ketua Kelompok UPPKS LUMINTU 1
Kelompok UPPKS LUMINTU 1 awalnya mempunyai 10 anggota pada tahun 2009, dan pada tahun 2013 ini sekarang mempunyai 16 anggota, dan sudah ada 2 orang lagi yang ingin mendaftar menjadi anggota. Jumlah PUS sebanyak 13, yang 10 PUS menggunakan alat kontrasepsi, sedang yang 3 PUS masih mempunyai anak 1, sehingga mereka menginginkan anak segera.
Demikian kegiatan- kegiatan yang ada di kelompok UPPKS LUMINTU 1 , semoga semakin maju, berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya.  ...............   Sumber    : Ir. Yulia Suryani Dewi (Penyuluh KB Kota Yogyakarta)

Humas BKKBN DIY


CONTOH PRODUK KELOMPOK UPPKS LUMINTU I


UPPKS-1.jpg

UPPKS-2.jpg


UPPKS-3.jpg