Depan > Index Berita > BKKBN DIY Selenggarakan Rapat Analisis dan Evaluasi Hasil Penggarapan KB di Wilayah dan Sasaran Khusus
BKKBN DIY Selenggarakan Rapat Analisis dan Evaluasi Hasil Penggarapan KB di Wilayah dan Sasaran Khusus
Jumat, 29 September 2017

 
28092017.jpg 
 
BKKBN JOGJA ONLINE : Pada hari Kamis (28/9/2017) Perwakilan BKKBN DIY menyelenggarakan rapat analisis dan evaluasi hasil penggarapan KB di wilayah dan sasaran khusus. Rapat yang berlangsung di ruang Kencana Perwakilan BKKBN DIY tersebut menghadirkan 50 orang peserta terdiri dari BKKBN DIY, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KB dari Kabupaten/Kota se-DIY, serta perwakilan dari para penyuluh KB Kabupaten/Kota se-DIY.
 
Rapat dibuka oleh Kabid KB-KR Rohdhiana Sumariati, S.Sos, MSc mewakili Kepala Perwakilan BKKBN DIY sekaligus memandu kegiatan tersebut.
 
Dalam arahannya, Kabid KB-KR Perwakilan BKKBN DIY menyampaikan bahwa di DIY capaian PB sampai dengan bulan Juli 2017 baru mencapai 23.420 akseptor dari kkp sebesar 94.550 akseptor atau baru tercapai 24,77%. Sedangkan capaian PA sampai dengan Juli 2017 sebesar 23.420 akseptor, justru mengalami penurunan PA dibanding tahun sebelumnya yang pada Juli 2017 PA mencapai 25.461 akseptor. Gabungan dari masih rendahnya capaian PB dan turunnya PA tersebut tentulah menimbulkan pertanyaan mengenai efektifitas upaya pembinaan kesertaan KB yang dilakukan selama ini, termasuk pula pertanyaan sejauh mana upaya pembinaan kesertaan KB melalui jalur wilayah dan sasaran khusus mampu berkontribusi atau memberikan daya ungkit pada capaian kesertaan ber KB secara total.
 
Oleh karena itu lanjut  Kabid KB-KR, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka Perwakilan BKKBN DIY menyelenggarakan kegiatan rapat Analisis dan Evaluasi Penggarapan KB di wilayah dan sasaran khusus.
 
Selain untuk menjawab dampak pembinaan kesertaan berKB melalui jalur wilayah dan sasaran khusus terhadap total pencapaian kesertaan berKB, kegiatan ini juga diharapkan mampu merumuskan strategi penggarapan wilayah dan sasaran khusus supaya lebih efektif dalam memberikan stimulasi pencapaian kesertaan KB baik PA maupun PB, pungkas Kabid KB-KR Perwakilan BKKBN DIY. 
 
Kegiatan rapat ini  menghadirkan 3 orang narasumber  yaitu  FX. Danarto Suryo Yudo, S.IP, MA Kasubbid Bina Kesertaan Keluarga Berencana Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus Perwakilan BKKBN DIY yang mengetengahkan “Analisis dan Evaluasi Hasil Penggarapan KB di Wilayah dan Sasaran Khusus  DIY”, dr. Mafilindati Nuraeni, M.Kes Kepala DP3AP2KB Kabupaten Sleman mengenai “Kontribusi Bhakti Sosial Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Terhadap Pencapaian PA/PB di Kabupaten Sleman” dan Drs. Wijang Eka Aswarna, MSi Kabid Pengendalian Penduduk dan KB DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul yang menyampaikan mengenai “Penggerakan KB MKJP di Kabupaten Gunungkidul.”

Sumber Data : Bidang KBKR BKKBN DIY