Depan > Index Berita > Pemerintah Kabupaten Bantul Canangkan Kampung KB
Pemerintah Kabupaten Bantul Canangkan Kampung KB
Kamis, 12 Oktober 2017

canang_KB.jpg
 
 
 
BKKBN JOGJA ONLINE : Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih meresmikan Pencanangan Kampung KB (Keluarga Berencana) di Dusun Cembing, Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis pada Selasa (10/10/2017).
Pencanangan Kampung KB tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti secara simbolis  oleh Wakil Bupati Bantul didampingi Kepala Perwakilan BKKBN DIY Drs Bambang Marsudi, MM, Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Hj. Erna Kusmawati Suharsono, Kepala DPPKBPMD Kabupaten Bantul  Drs. Mahmudi, MSi, serta dari OPD Kabupaten Bantul lainnya. Pada kesempatan ini Kampung KB yang diresmikan berjumlah 15 Kampung KB. Dengan demikian sampai saat ini telah terbentuk sebanyak  19 Kampung KB di Kabupaten Bantul.
Kabid KB DPPKBPMD Kabupaten Bantul  I Nyoman Gunarsa, S.Psi. M.Psi dalam laporan penyelenggaraannya mengatakan bahwa  merujuk pada Undang Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, tidak hanya fokus pada masalah pengendalian penduduk saja, namun kita terkait juga pada masalah-masalah pembangunan keluarga yang menjadi perhatian kita mulai hari ini pada saat kita mencanangkan sebuah kampung menjadi kampung percontohan yang tadinya tidak dilihat sebagai potensi yang ada didalam kampung ini. Melalui pencanangan Kampung KB  ini diharapkan menjadi suatu inovasi strategis dalam pelaksanaan Program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga, pungkasnya.
Sementara itu Wakil Bupati Bantul dalam sambutannya menyampaikan bahwa unit terkecil masyarakat yang biasa kita sebut dengan nama keluarga bukanlah hanya sebagai tempat berkumpulnya suami, istri dan anak. Lebih dari itu, keluarga memiliki fungsi dan peranan yang signifikan dan vital dalam menentukan nasib suatu Bangsa, karena keluarga adalah pendidik pertama dan utama bagi setiap individu.
konsep pembentukan keluarga kecil sehat sejahtera, merupakan faktor dominan yang sangat menentukan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai basis ketahanan Nasional untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan upaya yang terus menerus dan tentunya berkesinambungan, bahkan dilaksanakan secara sinergis dan terkoordinasi dari seluruh pihak terkait, Ujarnya.
Lebih lanjut Abdul Halim Muslih mengatakan, Kampung KB  ini merupakan miniatur kampung ideal, mulai dari perencanaan, pembentukan serta kelangsungannya sesuai dengan tujuan keluarga berencana. Dengan adanya Kampung KB ini, masyarakat disadarkan akan keluarga yang sejahtera yang dibina mulai dari anak sampai dengan lanjut usia.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN DIY Drs Bambang Marsudi, MM yang didampingi oleh Kabid ADPIN Dra. Ita Suryani, M.Kes dan Kabid Pengendalian Penduduk Dra. Joehananti Chriswandari menambahkan pembentukan Kampung KB ini merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar manfaat KB dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.
 
“Kampung KB bukan hanya mengatur jumlah penduduk tetapi langkah-langkah mengatur sumber daya manusia, menyeimbangkan daya tampung lingkungan dengan sumber daya yang ada.  Sesuai dengan Nawacita yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden, BKKBN diberikan mandat untuk mendukung Nawacita 3, 5 dan 8. Dalam Nawacita yang ke 3 yaitu pembangunan dalam rangka negara Kesatuan RI. Yang ke 5 dalam rangka pembangunan manusia Indonesia melalui berbagai bidang pendidikan, pembangunan keluarga sehingga melalui BKKBN diharapkan dapat mendukung program tersebut. Sedangkan Nawacita ke 8 adalah mengenai pembangunan karakter bangsa melalui program pembangunan keluarga" terang Bambang Marsudi saat wawancara dengan para awak media.
 
Kegiatan Pencanangan Kampung KB yang mengusung Tema “Melalui Pencanangan Kampung KB Kita Wujudkan Masyarakat yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera.” ini dihadiri juga dari jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul dan anggota DPRD Kabupaten Bantul.
 
Sumber Berita : Bidang ADPIN BKKBN DIY