Depan > Index Berita > BKKBN DIY Fokus Fasilitasi UPPKS Dengan Pembekalan Kewirausahaan
BKKBN DIY Fokus Fasilitasi UPPKS Dengan Pembekalan Kewirausahaan
Senin, 23 Oktober 2017

 
UPPKS.jpg 
 
 
BKKBN JOGJA ONLINE : Dalam menuju tatanan keluarga kecil bahagia dan sejahtera dibutuhkan sebuah kepastian yaitu kepastian akan income atau pendapatan, kepastian pekerjaan, kepastian ada usaha yang membuat keluarga mendapat sumber pendapatan, demikian penuturan Kepala Perwakilan BKKBN DIY Drs. Bambang Marsudi, MM saat memberikan sambutan dalam Seminar Pengembangan Kualitas Kelompok UPPKS Daerah Istimewa Yogyakarta 2017 yang bertempat di Rumah Makan Den Nany, Rabu pagi (18/10/2017).
 
Oleh sebab itu sambung Bambang Marsudi, keterlibatan BKKBN dalam aktivitas perdagangan, usaha kecil dan menengah (UKM), dan usaha pemberdayaan perempuan dianggapnya tidak lebih karena janji BKKBN untuk membantu masyarakat mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu melalui pembentukan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yang salah satunya dengan memberikan pembekalan kewirausahaan.
 
Berbicara teknologi era digital yang semakin hari semakin berkembang dengan baik, mencari Usaha dan Bisnis di Internet semakin marak dan peluang yang begitu besar dengan memanfaatkan teknologi yang ada seperti Internet, sebagai contoh bisnis E-commerce yang hingga saat ini keberadaannya bisa di temukan di mana saja dan ini merupakan point penting yang harus diketahui oleh para pemilik bisnis atau wirausahawan agar mereka dapat mempertahankan eksistensi usahanya yang telah dijalankan. Selain itu ada beberapa alasan kenapa para wirausahawan sebaiknya turut mengembangkan bisnis mereka melalui media digital dan alasan yang paling kuat adalah karena pada era digital seperti sekarang ini persebaran informasi bisa dilakukan lebih cepat, lebih mudah dan tentunya jauh lebih murah, tuturnya.
 
Dari kegiatan seminar  ini, Bambang Marsudi berharap agar para peserta  dapat meningkatkan wawasan, motivasi dan kompetensi dalam pengembangan usaha di era digital sehingga mampu berdaya guna dan menjadi nilai bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat luas sebagai wirausahawan yang unggul, kreatif, inovatif dan sukses.
 
Selanjutnya setelah menyampaikan sambutannya, Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Drs. Bambang Marsudi, MM dengan didampingi oleh Kabid KSPK dr Iin Nadzifah Hamid dan Kabid KBKR Rohdhiana Sumariati, S.Sos, MSc  menyerahkan bantuan alat teknologi tepat guna kepada kelompok UPPKS terpilih yaitu kelompok UPPKS Mudi Santoso, kelompok UPPKS Palwa dan kelompok UPPKS Melati.
Seminar ini menghadirkan 2 orang Narasumber yaitu Azwar Annas, S.Kom dari CV Kotak Media Indonesia yang menyampaikan materi tentang “Kiat Melihat dan Memberdayakan Peluang Bisnis di Era Digital” dan Asrul Tusna Aminuddin dari SMEDC Jogja dengan materi “UMKM Di Era Digital” dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Widyaiswara Perwakilan BKKBN DIY Drs. Witono, M.Kes.
 
 
Untuk lebih memeriahkan acara dan sebagai ajang mempublikasikan produk-produknya di lokasi kegiatan seminar juga digelar Expose dari produk-produk kelompok UPPKS yang terdiri makanan dan minuman olahan, sepatu, tas, serta kerajinan kayu berupa topeng dan souvenier.
 
 
Kegiatan Seminar yang mengusung Tema “Strategi Menjadi Wirausaha Unggul, Kreatif, Inovatif dan Sukses Di Era Digital” ini diikuti oleh 125 peserta dari unsur kelompok UPPKS, instansi mitra kerja dari Kabupaten/Kota se-DIY serta dari Lembaga Pembiayaan Usaha.
 
Sumber Berita : Bidang KSPK BKKBN DIY