Depan > Index Berita > BKKBN DIY Capacity Building Kampung KB Ke Kota Batu, Jawa Timur
BKKBN DIY Capacity Building Kampung KB Ke Kota Batu, Jawa Timur
Selasa, 2 Januari 2018

Batu.JPG 
 
 
BKKBN JOGJA ONLINE : Dalam rangka untuk meningkatkan wawasan dan berbagi pengalaman dalam pengelolaan Kampung KB,  selama tiga hari dari tanggal 5 hingga 7 Desember 2017  Perwakilan BKKBN DIY melaksanakan Capacity Building ke Kota Batu, Jawa Timur.
Capacity Building yang dipimpin oleh Kabid ADPIN Perwakilan BKKBN DIY Dra. Ita Suryani, M.Kes ini diikuti oleh 44 orang peserta yang terdiri dari jajaran Perwakilan BKKBN DIY, perwakilan OPD KB Kabupaten/Kota se-DIY, perwakilan dari para pengelola Kampung KB Kabupaten/Kota se-DIY, serta IPKB DIY.
Rombongan Perwakilan BKKBN DIY diterima di ruang PKK Komplek Balai Kota Among Tani Kota Batu oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu dr. Sri Raharti mewakili Kepala DP3AP2KB.
Sekretaris DP3AP2KB dr. Sri Raharti dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih karena mendapat kunjungan Capacity Building dari Perwakilan BKKBN  DIY.
Kota Batu ini, sambung dr. Sri Raharti merupakan satu-satunya Kota yang memiliki keunikan tersendiri karena Batu merupakan wilayah di Indonesia yang berstatus Kota namun masih ada Desanya. Sehingga Kota Batu ini juga masih menerima kucuran Dana Desa untuk pembangunannya.
Sementara itu rombongan dari Perwakilan BKKBN DIY yang diwakili oleh Kepala Bidang ADPIN Dra Ita Suryani, M.Kes menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari Capacity Building ini adalah untuk berbagi ilmu dalam pengelolaan Kampung KB. Seperti kita ketahui bahwa pedoman Kampung KB ini begitu longgar, sehingga suatu wilayah pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam menginterpretasikan kebijakan tersebut. Disitulah kami berharap supaya kami tidak terlena dengan keberhasilan kami dan ternyata di wilayah lain terdapat inovasi-inovasi yang mana hal itu bisa kita ambil manfaatnya, pungkas Dra. Ita Suryani.
Dari Capacity Building ini kami ingin memperoleh suatu pencerahan, mengingat tidak mudah menginisiasi Kampung KB ini pada awalnya, namun dengan melihat semangat dari teman-teman di Kota Batu ini semoga bisa menambah rasa Percaya Diri kami karena Kota Batu merupakan salah satu pioner yaitu ketika pembentukan Kampung KB belum terlalu jelas bagaimana kondisi sebelum dan setelah dibentuknya Kampung KB. Kemudian juga bagaimana Kota Batu ini mengatasi masalah-masalah yang ada, bagaimana pengelolaan administrasi-nya termasuk juga payung hukumnya terkait dengan Kampung KB, harap Dra. Ita Suryani.   
Dalam acara penyambutan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan Program Integrasi Kampung KB oleh Kepala Bidang KB DP3AP2KB Kota Batu Drs. Ismail Agani, MM.
Dalam paparannya, Drs. Ismail Agani menyampaikan mengenai Road Map Kampung KB, Pembentukan Kampung KB, bagaimana pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Desa, prinsip pembiayaan Kampung KB, dukungan BKKBN dalam program Kampung KB tahun 2017, apa saja Menu Integrasi Program dan Kegiatan sesuai kebutuhan Pembangunan di kampung KB, serta inovasi-inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kota Batu dalam kegiatan kampung KB.
Selanjutnya rombongan Capacity Building Perwakilan BKKBN DIY diajak untuk meninjau langsung ke lokasi Kampung KB sawahan, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. Di lokasi tersebut, rombongan menyaksikan pengarahan dari Ketua Kampung KB Sawahan, Subandri Widodo. Menurut Subandri Widodo, dahulu kesertaan KB di wilayah Sawahan ini didominasi oleh akseptor suntik dan pil namun kini setelah adanya Kampung KB jumlah akseptor KB IUD dan Implant dapat meningkat tajam.

Sumber Berita : Bidang ADPIN BKKBN DIY