Depan > Index Berita > BKKBN DIY Terima Kunjungan Koalisi Indonesia Untuk Kependudukan dan Pembangunan Kota Dumai
BKKBN DIY Terima Kunjungan Koalisi Indonesia Untuk Kependudukan dan Pembangunan Kota Dumai
Rabu, 28 Februari 2018

Dumai.jpg 
 
BKKBN JOGJA ONLINE : Perwakilan BKKBN DIY Kamis siang (22/2/2018) menerima kunjungan dari Koalisi Indonesia Untuk Kependudukan dan Pembangunan Kota Dumai, Provinsi Riau di Ruang Kencana Kantor Perwakilan BKKBN DIY.  Menurut ketua Koalisi Indonesia Untuk Kependudukan dan Pembangunan Kota Dumai Hj. Haslinar Zulkifli AS, kunjungan ini diikuti oleh 15 orang terdiri dari  OPD terkait yang bertujuan untuk belajar bagaimana pengelolaan Kampung KB di DIY
 
Hj. Haslinar Zulkifli AS  berharap dengan kunjungan ini bisa mereplikasi inovasi-inovasi yang ada di Kampung KB DIY bagi Kampung KB yang ada di Kota Dumai, dimana saat ini di Kota Dumai telah terbentuk 7 Kampung KB di 7 Kecamatan, pungkasnya.
 
Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN DIY Drs. Bambang Marsudi, MM, dalam sambutannya  mengucapkan selamat datang dan terima kasih karena mendapat kunjungan dari Koalisi Indonesia Untuk Kependudukan dan Pembangunan Kota Dumai.“  Selanjutnya Kepala Perwakilan BKKBN DIY Drs. Bambang Marsudi, menyampaikan gambaran mengenai kondisi yang ada di wilayah DIY antara lain bahwa DIY merupakan salah satu Provinsi di Indonesia dengan bonus demografi terbesar. Hampir seluruh Kabupaten/Kota sedang mengalami pembangunan infrastruktur. Untuk Kampung KB hingga tahun 2017 di DIY telah terbentuk sebanyak 78 Kampung KB di 78 Kecamatan dan telah terjalin kerjasama lintas sektor dalam programnya. Bambang Marsudi mencontohkan di kampung KB Jasem, Srimulyo, Piyungan, Bantul yang pada tahun 2016 mendapat kunjungan dari Presiden Joko Widodo telah dibangun Rumah Data Kependudukan hasil kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, selain itu juga terdapat pemberdayaan masyarakat lewat budidaya ikan lele dengan sistem fermentasi hasil kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul.     Dalam penyambutan ini juga dipaparkan secara singkat mengenai  Pembentukan dan Pengelolaan Kampung KB DIY oleh Plh. Kabid ADPIN Darmaji, SIP, MM. Dalam paparannya, Darmaji menjelaskan mengenai kronologi pendirian Kampung KB di DIY mulai dari pencanangan 5 Kampung KB dengan Roadmap 1 Kabupaten 1 Kampung KB pada 2 Februari 2016 oleh Gubernur DIY. 
 
Pada Tahun 2017 telah dibuat roadmap 1 Kampung KB di 1 Kecamatan dimana wilayah DIY terdapat 78 Kecamatan. Dari 78 Kecamatan tersebut, Kabupaten Sleman merupakan pelopor berdirinya Kampung KB di setiap Kecamatan yang ditandai dengan dicanangkannya 17 Kampung KB di 17 Kecamatan wilayah Kabupaten Sleman pada tanggal 26 Agustus 2016. Jadi Kabupaten Sleman ini selangkah lebih maju berkat dukungan dan komitmen dari Bupati dan Tim Penggerak PKK-nya, tutur Darmaji.

Sumber Berita : Bidang ADPIN BKKBN DIY