Awali 2021 Perwakilan BKKBN DIY selenggarakan RADALGRAM

JOGJA РKamis, 21 Januari 2021 Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Rapat Pengendalian Program dan Anggaran (RADALGRAM). Kegiatan perdana di Tahun 2021 ini dilakukan untuk refleksi dan evaluasi atas capaian Program Pembangunan Keluarga  Kependudukan dan Keluarga Berencana di Daerah Istimewa Yogyakarta selama tahun 2020.

Kegiatan Radalgram kali ini dilakukan secara secara daring  yang diikuti oleh OPD KB se DIY, DPD dan DPC IPeKB serta jajaran Perwakilan BKKBN DIY dari tempat kerja masing-masing.

Mengawali sambutannya, Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Dr. Ukik Kusuma Kurniawan, SKM., M.PS., MA menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah menyukseskan Program Bangga Kencana di Tahun 2020. Harapan beliau dengan dilaksanakan Radalgram di awal tahun, bisa dijadikan sebagai titik awal dalam perencanaan di Tahun 2021, sehingga Program Bangga kencana kedepan pencapaiannya bisa lebih maksimal.

Selanjutnya dilakukan paparan tentang capaian Program Bangga Kencana yang bersumber dari Data Bulan Desember 2020, oleh Koordinator Bidang Advokasi penggerakan dan Informasi (ADPIN) Perwakilan BKKBN DIY, Dra. Ita Suryani, M.Kes.

Beberapa point penting yang disampaikan beliau adalah; bahwa pencapaian peserta KB Baru di DIY belum menggembirakan dan masih relatif jauh dari target yaitu tercapai 39,77%. Walaupun begitu Peserta KB Baru di tahun 2020 menunjukkan peralihan positif dari metode hormonal ke Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), yaitu dengan meningkatnya pemakaian metode kontrasepsi IUD, MOW dan MOP.

Capaian Peserta KB Aktif di Tahun 2020 dalam kategori baik, yaitu sebesar 88,15 %, ditandai dengan penambahan PA dari Bulan Desember 2019 sampai dengan Desember 2020 sebanyak 3.194 PUS. Trend capaian unmet need DIY tahun 2020 juga menunjukkan penurunan dari 10,21 di Bulan Januari 2020 menjadi 9,04 di akhir Bulan Desember 2020.

Pada kesempatan berikutnya Sekretaris Perwakilan BKKBN DIY, Novitrisia Widowati, SH., M.Sc menyampaikan terkait dengan capaian realisasi anggaran dan ketersediaan alokont sampai dengan tahun 2020. Untuk penyerapan anggaran Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta di tahun 2020 adalah 89,93%, sedangkan untuk ketersediaan alokont sampai dengan Desember 2020 memadai, dan masih relatif aman sampai dengan triwulan pertama tahun 2021.

Setelah paparan capaian dan materi disampaikan, selanjutnya Kepala Perwakilan BKKBN DIY memberikan kesempatan kepada Kepala OPD KB Kabupaten/ Kota dan Ketua DPD IPeKB DIY untuk memberikan tanggapan dan masukan atas capaian Program Bangga Kencana di Tahun 2020.

Sumber : Subbid Datin