Berbagi ilmu, dari pegawai untuk pegawai

BKKBN JOGJA : Sebagai upaya agar pegawai dapat terus menambah wawasan dan keterampilannya, Perwakilan BKKBN DIY melalui bidang pelatihan dan pengembangan (Latbang) menyelenggarakan Jumat Sharing. Jumat sharing merupakan sarana berbagi ilmu dan pengalaman melalui aktivitas belajar bersama secara rutin dari, oleh, dan untuk pegawai. Kegiatan yang dikemas secara informal ini dilaksanakan dua kali setiap bulan setelah kegiatan senam. Jumat Sharing diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi rintisan fasilitasi kebutuhan pelatihan pegawai sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menyerap aspirasi kebutuhan pelatihan pegawai sekaligus sebagai sarana internalisasi nilai-nilai budaya kerja dan peningkatan kompetensi.

Tema Jumat sharing pada bulan Juni 2020 adalah tentang “keterampilan menjadi host online meeting”. Aplikasi yang dipelajari pada pertemuan pertama yaitu Zoom, dan pada pertemuan berikutnya adalah Webex. Keterampilan menjadi host ini penting dimiliki oleh semua bidang, mengingat sejak pandemi covid-19 tiap bidang sering melakukan rapat virtual. Pegawai yang membagikan ilmu menjadi host meeting adalah A. Puji Kurnianto, ST dari Sekretariat dan M. Irfan MB, S.Kom dari Bidang Dalduk. Kegiatan bertempat di ruang Widya 1 Perwakilan BKKBN DIY, pukul 09.00-11.30 WIB dan diikuti oleh 15 pegawai yang terdiri dari perwakilan masing-masing bidang/komponen. Keterampilan yang diajarkan antara lain cara sign up, join meeting, fungsi/fitur pada aplikasi, tips dan trik, serta peran host dan co host.

Tema Jumat sharing yang dijadwalkan berikutnya antara lain adalah tentang “editing video menggunakan smartphone, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, tips mengolah makanan sehat lezat dan tentang integritas diri”. Tema tersebut merupakan usulan dari pegawai yang berminat berbagi ilmu di kegiatan ini. Bidang Latbang masih membuka usulan tema berikutnya dari pegawai, baik yang ingin berbagi maupun bagi yang ingin mendapat ilmu tertentu.

Kebiasaan belajar bersama dan saling berbagi ilmu ini penting dalam organisasi pembelajar. Aktivitas produktif ini perlu ditumbuhkembangkan dengan didukung teknologi terkini. Saat ini Bidang Latbang sudah memiliki “SAKTI”, yaitu singkatan dari Sarana Kediklatan Berbasis Teknologi Informasi. Salah satu fasilitas SAKTI adalah portal pembelajaran daring yang dapat diakses di http://etraining.latbangdjogja.web.id. Portal tersebut saat ini telah digunakan sebagai sarana pelatihan online yang nantinya akan dilengkapi dengan MOOCs. MOOCs atau Massive Online Open Courses merupakan metode belajar jarak jauh dengan skala besar dan bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja secara mandiri.

Sumber Berita :  Bidang LATBANG Perwakilan BKKBN DIY