BKKBN Lakukan Pembinaan dan Monev Kegiatan Pro PN

BKKBN JOGJA : Kegiatan Pro PN (Proyek Prioritas Nasional) yang diamanatkan kepada BKKBN lebih fokus kepada keluarga yang memiliki anak bawah dua tahun (Baduta). Karena BKKBN memiliki target Baduta lepas dari stunting dan kekurangan gizi. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan penyiapan sumber daya manusia yang unggul agar Indonesia maju.
BKKBN ikut bertanggung jawab dalam penyimpanan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Serta menjadi orang tua hebat bagi remaja dan Baduta.

Belum lama ini, Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan safari Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kegiatan Pro PN di wilayah Kabupaten Bantul, meliputi; Desa Timbulharjo, Kec Sewon pada tanggal 24 Juni 2020, Desa Argodadi Kec Sedayu Kabupaten Bantul, pada tanggal 30 Juni 2020, dan Desa Trimulyo Kec Jetis, pada tanggal 7 Juli 2020.
Kegiatan ini melibatkan Kader lini lapangan, Pemdes, PKB, Pemerintah Kecamatan, dan Dinas PPKBPMD Kab Bantul.

Kepala Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta, Dr. Ukik Kusuma Kurniawan, S.KM, M.PS., MA dalam melakukan pembinaaan menegaskan bahwa meskipun dalam suasana pandemi COVID 19 namun harus optimis untuk mensukseskan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan meminimalisir penumpulan orang terlalu banyak dalam satu tempat.
Dalam sambutannya Kepala perwakilan BKKBN DIY, meminta semua stakeholder untuk mau peduli dengan permasalahan stunting dengan jalan memberikan advokasi kepada tetangga, kerabat, dan saudara agar masalah stunting bisa diatasi bersama-sama
Rekomendasi dari kegiatan ini adalah catatan-catatan dan hasil kuisioner yang belum baik agar bisa ditindak lanjuti oleh kader dan petugas lapangan untuk tetap mengingatkan pentingnya program 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) kepada masyarakat dilingkungannya dalam mengatasi permasalahan stunting yang masih relatif banyak di 3 (tiga) wilayah tersebut.
Sumber Berita : Bidang KSPK Perwakilan BKKBN DIY