BKKBN PEDULI COVID – 19, Bantuan APD dari BKKBN Kepada Mitra Kerja


BKKBN JOGJA ONLINE : Perwakilan BKKBN D.I. Yogyakarta mengikuti video conference penyerahan Dukungan Alat Pelindung Diri (APD) dari Kepala BKKBN Pusat kepada Ketua Umum PB IBI pada Hari Selasa, 14 April 2020 di Ruang Kencana Perwakilan BKKBN D.I. Yogyakarta. Kegiatan penyerahan APD ini selanjutnya akan diikuti oleh Perwakilan BKKBN Provinsi D.I. Yogyakarta kepada Pengurus Daerah (PD) IBI D.I.Yogyakarta yang akan diserahkan langsung oleh Dr. Ukik Kusuma Kurniawan, SKM, MPS, MA, selaku Kepala Perwakilan BKKBN D.I.Yogyakarta kepada Ketua PD IBI D.I.Yogyakarta, Sutarti, S.SIT, M.PH.

Kegiatan video conference ini dihadiri oleh Pengurus IBI Pusat yaitu Nunik Endang Sunarsih, S.IP, M.Sc. dan Pejabat Internal Perwakilan BKKBN D.I.Yogyakarta antara lain Dra. Joehananti Chriswandari selaku Kepala Bidang KB-KR Perwakilan BKKBN D.I.Yogyakarta, Dra. Ita Suryani, M.Kes selaku Kabid Adpin Perwakilan BKKBN D.I.Yogyakarta, dan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk sekaligus Plt. Sekretaris Badan Perwakilan BKKBN D.I.Yogyakarta Witriastuti Susani Anggraeni, SE, MM.
Dalam kegiatan tersebut, dr. Hasto Wardoyo, SpOG(K) selaku Kepala BKKBN Pusat menyampaikan beberapa arahan terkait Program Percepatan (Quick Win) BKKBN yang dikenal dengan Program BanggaKencana (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana).

Terdapat 5 Program Percepatan khusus untuk Bidang KB-KR, antara lain:
(1)Penguatan Rantai Pasok Alat dan Obat Kontrasepsi (2)Pelayanan KB di RS (PKBRS) (3)Pengembangan KB Pasca Persalinan dan Keguguran
(4)Pelayanan Kontrasepsi di Wilayah Khusus/Perbatasan (5)Mendorong Sertifikasi Pelatihan Insersi IUD Implan. K

epala BKKBN Pusat juga menekankan bahwa beberapa program tersebut tetap harus dapat berjalan di masa pandemi Covid-19. Jika BKKBN gagal mengawal program KB di masa pandemi Covid-19, maka akan terjadi pandemi baru berupa kemiskinan, stunting yang berujung krisis SDM dan beban pembangunan, serta meningkatnya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Terakhir, Kepala BKKBN Pusat memberikan apresiasi kepada para bidan sebagai mitra kerja BKKBN dan menekankan bahwa bantuan APD berupa Surgical Mask (Masker Bedah) dan Handscoon (Sarung Tangan) harus digunakan untuk meningkatkan pelayanan KB yang harus disertai dengan distribusi implan, suntik, dan pil. LINGKUNGAN PERWAKlLAN BKKBN DIY
TAHUN 2020

Sumber Berita : Humas Perwakilan BKKBN DIY