GKR Hemas buka Kegiatan PKBR dan Launching Ruang Laktasi BKKBN

Jogja – Kamis, 8 Oktober 2020 Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Kegiatan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR), dengan sasaran pertemuan adalah Keluarga yang mempunyai remaja, di dalam wadah yang bernama Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR).

Kepala Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta Dr. Ukik Kusuma Kurniawan, S.KM., M.PS., MA dalam laporan penyelenggaraanya menyampaikan bahwa Kegiatan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) merupakan salah satu target Proyek Prioritas Nasional (Pro PN) dalam menyiapkan remaja yang sehat dan berkualitas sekaligus dalam rangka menekan kejadian kasus stunting. Kegiatan dilaksanakan secara online (di-relay di 5 titik sesuai pembagian kelas peserta dan narasumber) dan offline dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan Covid-19.

Remaja masa kini, yang kita kenal dengan Remaja Millenial tentu lekat dengan dunia maya dan memiliki pengetahuan tinggi dlm menggunakan platform dan perangkat mobile. Kondisi tersebut tentu saja menimbulkan efek positif maupun negatif untuk para remaja kita, sehingga peran pengelola BKR memiliki peran penting dalam mengarahkan dan memberikan materi-materi positif khususnya dalam hal penyiapan kehidupan berkeluarga kelak bagi remaja

Gusti Kanjeng Ratu Hemas dalam sambutan dan arahannya menekankan bahwa Penyiapan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) menjadi sangat penting, untuk menekan kejadian kasus stunting, dan sudah saatnya remaja dilibatkan dalam upaya pencegahan stunting. Remaja bisa jadi pintu masuk program pencegahan stunting, edukasi dan persiapan terkait gizi sejak dini adalah hal penting untuk dilakukan, termasuk pada remaja.

Masalah stunting harus jadi perhatian sejak remaja agar mereka menjaga asupan gizinya, karena mereka adalah calon orangtua. Salah satu cara terbaik untuk mencegah stunting adalah dengan pemberian ASI eksklusif, yaitu pemberian air susu ibu tanpa makanan lainnya selama enam bulan pertama (masuk dalam periode 1000 HPK). Oleh karena segala sesuatu yang terjadi pada masa 1000 HPK menjadi faktor penentu kualitas kehidupan anak kelak.

Beliau berharap, dengan mengedukasi pentingnya gizi seimbang mulai usia remaja, dapat mempersiapkan calon orangtua dengan pengetahuan tentang gizi yang lebih baik, agar mereka dapat meningkatkan kualitas kesehatan diri dan keluarga mereka kelak di masa depan. Setelah memberikan arahan dan membuka secara resmi Kegiatan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja, GKR Hemas juga melakukan Launching dan Pembukaan secara Virtual Ruang Laktasi di Kantor Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sumber : Bidang KSPK