Kejar Capaian Bangga Kencana BKKBN DIY selenggarakan Review

JOGJA – Selasa, 8 September 2020 Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan  Review Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (BANGGA KENCANA) tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta bertempat di Hotel Sahid Raya, Jalan Babarsari Caturtunggal Yogyakarta.

Tema yang diusung dalam pelaksanaan Review kali ini adalah “Refleksi Program Bangga Kencana di Era Pandemi dan Strategi Pelaksanaan di Era Adaptasi Kebiasaan baru Tahun 2020”

Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Dr. Ukik Kusuma Kurniawan, SKM, MPS, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan Review Program Bangga Kencana ini diperlukan untuk dapat melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Program Bangga Kencana semester I Tahun 2020 secara keseluruhan. Dari hasil evaluasi tersebut akan diperoleh Strategi Pelaksanaan Program Bangga Kencana di Semester II Tahun 2020 khusunya selama 4 Bulan terakhir dengan adaptasi kebiasaan baru, mengikuti protocol pencegahan Covid-19. Perwakilan BKKBN mengapresiasi peran serta Pemerintah Provinsi, OPD Kabupaten/ Kota, serta mitra kerja yang telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan selama Semester I Tahun 2020.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Perwakilan BKKBN DIY mendampingi Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, mewakili Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) Kepala BKKBN RI menyampaikan Penghargaan Dharma Karya Kencana kepada Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K) yang telah melakukan karya yang menonjol dalam penyediaan tenaga, dan atau sarana, prasarana demi meningkatkan keberhasilan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Review Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah DIY, Drs. Kadarmanta Baskara Aji, bersama Forkompimda DIY dan Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAyu) Paku Alam X (Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DIY) ditandai dengan pemukulan bende.

Drs. Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutan antara menegaskan, sasaran Restra BKKBN 2020 – 2024 dituangkan dalan 14 indikantor program untuk mewujudkan visi BKKBN, terwujudnya keluarga berkualitas, pertumbuhan penduduk yang seimbang guna mendukung tercapainya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong. “Program BKKBN dengan update data seperti yang dilaporkan Pak Ukik tetap harus dilanjutkan, tentu strateginya menyesuaikan kondisi, saat ada pandemi Covid-19,” ucapnya.

Selanjutnya peserta yang hadir disajikan paparan Capaian Program Bangga Kencana Semester I Tahun 2020 yang disampaikan oleh 5 (lima) Kepala OPD KB Kabupaten/ Kota se Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sudarmanto, S.IP, M.Si. Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Sujoko, S.Sos., M.Si., Kepala Dinas P3AKBPM dan D Kabupaten Gunungkidul, Dra. Sri Nuryanti, M.Si Kepala Dinas PPKBPMD Kabupaten Bantul, dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes. Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman dan Drs. Tri Karyadi Riyanto selaku Plt. Kepala Dinas PPKB Kota Yogyakarta secara bergantian memaparkan hasil capaian program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana di wilayah masing masing pada Semester I Tahun 2020.

Dari paparan tersebut kemudian dibahas oleh Kepala Dinas P3AP2 DIY, Koordinator Bidang ADPIN dan KBKR Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta, yang pada intinya memberikan rekomendasi langkah-langkah strategi  yang telah disusun untuk mengatasi  permasalahan yang ada dapat segera mendongkrak capaian target program Bangga Kencana meskipun dengan adaptasi kebiasaan baru era pandemic covid-19.

Sisa waktu tiga bulan kedepan perlu dilakukan pola pendekatan, bagaimana kerjaan rutinitas di lapangan tetap berjalan dan tetap terhindar dari penularan COVID-19 tentunya dilakukan pendekatan dengan bijak.

Selain itu juga ada momen-momen seperti pelayanan satu bulan MKJP (Metode Kontrasepsi  Jangka  Panjang) dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi  Sedunia yang berlangsung dari 18 Agustus sampai 19 September 2020, berharap DIY bisa sukses melayani dan terpenuhi target, sesuai yang kita harapkan bersama dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan.