Kepala BKKBN Kukuhkan PAKIS KENCANA DIY

JOGJA – Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) mengukuhkan Paguyuban Kepala Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana (PAKIS KENCANA) Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 3 November 2020. Pengukuhan ini dilaksanakan secara serentak melalui sarana Virtual yang meliputi 20 Provinsi di Indonesia.

Pengukuhan PAKIS KENCANA Daerah Istimewa Yogyakarta dihadiri dan disaksikan oleh Kepala DP3AP2 DIY Erlina Hidayati S.IP., M.M dan Dra. Suprihatin mewakili Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY. Turut menyaksikan Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Dr. Ukik Kusuma Kurniawan, S.KM, M.PS, MA sebagai Pembina, dan Ketua Juang Kencana DIY Drs. Kriswanto, M.Sc sebagai penasehat.

Lima Kepala Dinas yang dikukuhkan pada hari ini adalah Kepala DPMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo Sudarmanto, SIP, M.Si sebagai Ketua, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Sleman dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes sebagai Wakil Ketua 1, Kepala DP2KBPMD Kabupaten Bantul Dra. Sri Nuryanti, M.Si sebagai Wakil Ketua 2, Plt. Kepala DPPKB Kota Yogyakarta Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, SH. M.Si sebagai Sekretaris, mewakili Kepala DP3AKBPMD Kabupaten Gunung Kidul Dra. Dwi Iswantini sebagai Wakil Sekretaris.

Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam sambutannya mengatakan BKKBN saat ini sedang berjuang dalam mewujudkan target dan sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJMN dan Renstra 2020-2024, dimana salah satu nya adalah menurunkan tingkat fertilitas atau TFR menjadi 2,1 pada akhir tahun 2024. Dengan kata lain, kita berupaya agar ibu-ibu Indonesia dapat menjaga kesehatan reproduksi dan menjadikan keluarganya berkualitas dengan memiliki 2 anak leih sehat.

Selain itu, sebuah tanggung jawab besar yang di mandatkan ke BKKBN adalah berperan aktif dalam mencegah dan menurunkan Stunting di Indonesia dengan berkolaborasi dengan instansi terkait lainnya. Pemerintah dalam hal ini Bappenas dan Kementerian Keuangan serta legislatif dalam hal ini mitra BKKBN di DPR RI yakni Komisi IX telah menunjuk BKKBN sebagai lembaga yang menjadi leading dalam pelaksanaan program Stunting.

Melalui forum Pengukuhan Kepala Dinas (PERKADIS)  Provinsi ini, yang akan diikuti pembentukan PERKADIS Nasional nantinya, Kepala BKKBN meminta kesedian Kepala Dinas KB se-Indonesia agar dapat memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Program Bangga Kencana di wilayah kerja masing-masing dan berkomitmen dalam mewujudkan Keluarga Indonesia yang tentram, bahagia, mandiri dan terbebas dari Stunting.

Sumber : Subbid Hubalila, Bidang ADPIN