Orientasi Perawatan Jangka Panjang Bagi Lanjut Usia Berbasis Keluarga Di DIY

BKKBN Jogja- Orientasi Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia di DIY dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2020 di Kantor Perwakilan BKKBN DIY. Acara dimulai pada pukul 09.00 dengan sambutan Kepala Perwakilan BKKBN D.I. Yogyakarta Dr.Ukik Kusuma Kurniawan. SKM,MPS,MA yang memberikan sambutan tentang lansia tangguh dan menjaga kesehatan dalam kondisi covid-19. Kemudian dilanjutkan dengan materi pertama tentang Program Pendampingan Perawatan Jangka Panjang oleh T.A. Erjinyuare A, M.Kep., Sp.Kep.Kom dari Indonesia Ramah Lansia. Beliau menyampaikan bahwa perawatan jangka panjang diperlukan bagi lansia , perawatan jangka panjang yaitu berupa makan, mandi, berpakaian dan lainnya. PJP ini bertujuan untuk mempertahankan kemandirian lansia, mengurangi rasa sakit dan kecelakaan, menghindari kekerasan.

Materi kedua disampaikan oleh Rizky Erwanto. M.Kep,Sp.Kep.Kom dari Indonesia Ramah Lansia menyampaikan tentang kegawatdaruratan dirumah dan identifikasi demensia pada lansia. Sekaligus materi ketiga tentang perawatan lansia pasca stroke dirumah, dalam hal ini latihan fisik pasif bagi lansia yang bisa dilakukan oleh keluarga.

Materi keempat tentang Masalah Psikososial dan Pengabaian Lansia yang disampaikan oleh T.A. Erjinyuare A, M.Kep., Sp.Kep.Kom dari Indonesia Ramah Lansia. Beliau juga menyampaikan dalam materi ke lima tentang menejemen stress pada pendamping lansia dan materi keenam aktivitas dasar (ADL) dan aktivitas instrumental (IADL). Aktivitas dasar (ADL) berupa makan, mandi, berpakaian, jalan, mobilitas/bergerak. Sedangkan aktivitas instrumental (IADL) berupa memasak, mengurus keuangan, berobat dll.

Materi yang telah disampaikan sangat bermanfaat bagi Lansia yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, dan diharapkan perlakuan yang baik untuk menghadapi lansia yang ada dilingkungan keluarga. Semoga dari hasil orientasi ini bisa bermanfaat bagi semua pihak dan menjadikan Lansia di DIY, Sehat , Produktif, Mandiri dan Tangguh.