PEMDA DIY DUKUNG PENUH PENDATAAN KELUARGA 2021

Jogja – Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No. 470/544/SJ tanggal 1 Februari 2021 tentang Dukungan Pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2021, Kepala Perwakilan BKKBN DIY melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Selasa, 9 Februari 2021. Dalam kunjunganya Kepala Perwakilan BKKBN DIY didampingi Sekretaris Perwakilan, dan Koordinator Bidang ADPIN diterima oleh Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji di Kantor Sekda DIY.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Dr. Ukik Kusuma Kurniawan, S.KM., M.PS., MA dalam kesempatan pertama menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas komitmen dan dukungan Pemda DIY dalam Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana di Daerah Istimewa Yogyakarta selama ini. Beliau melaporkan bahwa pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2021 akan dilaksanakan serentak mulai tanggal 1 April hingga 31 Mei 2021. Pelaksanaan Pendataan Keluarga tersebut dilakukan dengan cara mengunjungi setiap keluarga dari rumah ke rumah melalui wawancara dan observasi oleh kader pendata dibawah koordinasi Penyuluh Keluarga Berencana dan perangkat Kalurahan/ Kelurahan setempat dengan memperhatikan Protokol Kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Selain menyediakan basis data keluarga Indonesia, yang berupa data kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, Pendataan Keluarga Tahun 2021 juga memuat informasi tentang keluarga yang berisiko Stunting. Dra. Ita Suryani, M.Kes., selaku Koordinator Bidang ADPIN BKKBN DIY menambahkan bahwa untuk pelaksanaan Pendataan keluarga di Daerah Istimewa Yogyakarta target keluarga yang akan didata sebanyak 1.099.073 KK dengan melibatkan 7.794 kader pendata. Metode yang digunakan dalam Pendataan Keluarga Tahun 2021 melalui “sensus” dengan proses pengumpulan dan pengolahan data menggunakan formulir dan smartphone yang diinput langsung oleh kader. Di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri penerapan metode smartphone ternyata Iebih besar, sekitar 90 %, dan sisanya 10 % menggunakan formulir, ini menujukkan bawa kader DIY di lapangan sudah cukup familiar dengan IT.

Berdasarkan penyampaian informasi dari Perwakilan BKKBN DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji selaku Sekretaris Daerah DIY, optimis bahwa pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2021 akan berhasil. Beliau sudah mendapat perintah dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk mendukung penuh pelaksanaan Pendataan Keluarga di DIY. Dalam waktu dekat Pemda DIY akan memfasilitasi terbitnya Surat Edaran Gubernur DIY tentang Dukungan Pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2021 kepada Bupati/ Walikota se Daerah Istimewa Yogyakarta, dan meminta Organisasi Perangkat Daerah di DIY untuk turut mensukseskan Pendataan Keluarga.

Sumber : Subbid Data & Informasi