Percepat Program Bangga Kencana, BKKBN Monev Rakorcam Kapanewon Nglipar

Dalam rangka untuk memastikan berjalannya mekanisme operasional (MEKOP) tingkat Kecamatan, atau RAKORCAM, BKKBN Pusat melaksanakan monitoring dan evaluasi. Rabu, 8 September 2021 kegiatan ini dilaksanakan di Kapanewon Nglipar Kabupaten Gunungkidul sebagai sample untuk Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut Rapat Koordinasi Program Bangga Kencana dipimpin oleh Panewu Anom Kapanewon Nglipar,Kuncoro W., SH, MM,.

Koordinator PKB Kapanewon Nglipar Ir. Sulistiyana menyampaikan materi capaian Program Bangga Kencana, upaya percepatan penurunan stunting, dan rencana percepatan vaksinasi berbasis keluarga.
Rakorcam bertujuan untuk melihat sejauhmana capaian program, mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi serta menemukan solusi atas kesepakatan stakehorlder dan mitra ditingkat Kecamatan. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Puskesmas, unsur KUA, Koramil, Polsek, TP PKK kecamatan, Forum IMP Kecamatan dan lintas sektor di Kapanewon Nglipar. Kepala OPD KB Kabupaten Gunungkidul yang diwakili oleh Kepala Bidang KB, Dra. Dwi Iswantini dan Kasi Drs. Amiruddin ikut serta dalam monev Rakorcam tersebut.

Hasil supervisi BKKBN Pusat terhadap pelaksanaan Rakorcam akan dipergunakan sebagai bahan evaluasi dan perencanaan yang lebih baik ke depan. Pada kesempatan tersebut BKKBN Pusat juga mensosialisasikan Aplikasi MONALISA yang akan ditingkatkan kapasitasnya dengan mengintegrasikan aplikasi pelaporan yang sudah ada sehingga pelaksanaan Rakorcam sebagai salah-satu bentuk MEKOP Pengendalian Program Bangga Kencana di lapangan akan dapat diketahui setiap bulannya.

Sumber : Subkoorbid Hubalila