Pertanyaan dan Jawaban Aplikasi PK2021

 14,987 total views

Aplikasi Portal PK2021

01. Cara Mengetahui Username Manajer Pengelola dan Manajer Data?

Username Manajer Pengelola Manajer Data sudah disediakan/dibuatkan, hubungi Admin.

02. Cara Mengetahui Username Supervisor?

Username Supervisor sudah disediakan/dibuatkan. Utk melihat daftar username supervisor dapat dilakukan dg cara:

Login portal sebagai Manajer kemudian:
Pengaturan > User > Pilih Role Supervisor > Klik Tampilkan

Username Supervisor diawali huruf “spv” dengan pola “spvKodeProvKodeKabKodeKecNAMAKELURAHAN”,

Contoh:
Username spv di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dg kode Kecamatan 19
usernamenya adl: spv340419KELURAHAN

Username tidak dapat diedit.

03. Cara Update Profil?

Langkah update profil:
Login di Portal > Klik My Profile > kemudian Lengkapi Profil > Simpan Profil

04. Cara Mengganti Username?

Username yang telah dibuat tidak dapat diganti/ubah/edit. Hubungi admin

05. Cara Reset Password?

Login Portal kemudian klik My Profile > pada bagian Perubahan Password isi Password lama > isi Password Baru > isi Konfirmasi Password Baru (sama dengan Password Baru) >klik Ubah Password

Catatan: Untuk keamanan data, password default akan direset oleh admin

06. Bagaimana Sebaiknya Tahapan Pengaturan Aplikasi Portal?

Sebaiknya Urutan Penggunaan menu Pengaturan pada Aplikasi Portal sebagi berikut:

1. Pengaturan Master Wilayah untuk memastikan wilayah sudah tersusun dengan benar
2. Pengaturan Target KK Wilayah untuk memastikan wilayah sudah terdistribusi dengan benar
3. Pengaturan User untuk membuat User Pendata dan memastikan user setiap wilayah tersedia

Pengaturan Indikator Proses fleksibel

 

07. Bagaimana Sebaiknya Tahapan Perapihan Wilayah?

Tahapan Perapihan Wilayah
1. Langkah Pertama yang harus dilakukan oleh Manajer adalah Memeriksa data wilayah pada Master Wilayah
2. Jika ada data yang tidak sesuai &/ tidak lengkap maka Manajer Data harus melengkapi &/ meng-edit
3. Jika ada Wilayah yang belum ada di daftar wilayah lakukan Tambah Wilayah
4. Jika data Wilayah sudah Lengkap dan Sesuai lanjutkan ke proses berikutnya

Catatan: User mp hanya dapat melihat/memeriksa wilayah. Gunakan User md untuk melakukan perubahan wilayah (edit, tambah, atau hapus), hindari pindah wilayah.

08. Bagaimana Ketentuan Input Target KK?

Penetapan Target Kepala Keluarga di wilayah kecamatan:
1. Target KK maksimal Kecamatan didapat  dari (dikoordinasikan dengan)BKKBN Provinsi
2. Jumlah seluruh target KK per RT tidak boleh lebih besar dari Maksimal target Kecamatan
3. Manajer Data dapat mengelola target KK per RT antar wilayah selama tidak melebihi maks target kecamatan
4. Lapor admin provinsi jika akan merubah target KK maks kecamatan hasil pemetaan

Tips:
Untuk mempermudah/lancar input data Target KK, terlebih dahulu dapat dilakukan pembagian Target Kecamatan ke Target RT di file excel sebelum diinput ke Portal.

08.a. Notifikasi Update Target KK Berhasil?

Jika Update Target KK Berhasil:

  • Akan ada popup notifikasi “Data Berhasil Disimpan” dengan latar warna hijau. Biasanya muncul dalam waktu yg relatif singkat di bagian kanan atas browser beberapa saat setelah kilik Update Target
  • Tidak ada nofifikasi data tidak berhasil disimpan
08.b. Notifikasi Update Target KK TIDAK Berhasil?

Jika Update Target KK TIDAK Berhasil:

Akan ada popup notifikasi yang menunjukkan kesalahan pengisian target seperti:

  • “Target KK tidak boleh melebihi batas: 0” yang menunjukkan Maks. Target KK Kecamatan belum diisi/diupdate krn masih menggunakan angka default 0
  • “Total Target KK melebihi Target Kecamatan” yang menunjukkan jumlah total isisan target KK per RT lebih dari angka Maks. Target KK Kecamatan
09. Siapa yang Membuat Username Pendata?

Manajer Data masing-masing wilayah

10. Cara Menambah User Pendata?

1. Klik menu pengaturan
2. Klik User
3. Klik Tambah User
4. Ketik Username (sesuai ketentuan)
5. Lengkapi form pendaftaran user termasik NIK dan Alamat di bagian bawah
6. Pilih Role Pendata
7. Tentukan wilayah kerja Pendata tersebut dengan cara:

  • Pilih Kelurahan
  • Pilih RW
  • Pilih RT

8. Klik Tambah Wilayah
9. Klik Tambah User Baru

11. Bagaimana Ketentuan Username Pendata?

Tuliskan NamaPendek Pendata pada Username. Setelah Tambah Username berhasil, Username secara otomatis akan ditambahkan kodewilayah user di depan NamaPendek user.

Username yang digunakan Pendata untuk login di Aplikasi Input adalah Username yang sudah ditambahkan kodewilayah user di depan NamaPendek user.

Nama Lengkap dituliskan pada kolom Nama Lengkap.

12. Cara Edit / Hapus Username Pendata?

 14,957 total views

Username tidak dapat diedit/dihapus. Termasuk user yang dinonaktifkan.

13. Bagaimana Menentukan Metode Pendataan?

 14,978 total views

Login Portal sebagai Manajer kemudian:

1. Klik menu pengaturan, pilih User
2. Pilih Role Supervisor
3. Pilih salah satu Wilayah Desa atau semua wilayah
4. Klik tombol tampilkan

Selanjutnya akan muncul list user supervisor

5. klik tombol Edit User (warna hijau) pada kolom aksi
6. Lengkapi form pendaftaran user supervisor sesuai dengan biodata calon supervisor
7. Tentukan metode pendataan, Klik tombol Metode Pendataan.

Pastikan tombol Metode Pendataan Smatrphone aktif/berwarna biru bagi wilayah smartphone.

Klik Update User untuk menyimpan perubahan.

14. Wilayah Tidak Urut?

 14,981 total views

Pada Master Wilayah:

Wilayah dapat diurutkan sesuai kode wilayah dengan cara klik tulisan “kode wilayah” di setiap tabel detail wilayah.

 

Pada Target KK Wilayah:

Urutan Wilayah Sesuai Abjad, tidak ada opsi untuk merubah urutan.

15. Wilayah RT Tidak Muncul saat penambahan wilayah Userpendata?
  • Cek apakah Wilayah RT sudah tersedia di Master Wilayah,
  • Cek apakah Wilayah sudah digunakan User lain

Catatan: 1 RT hanya boleh terdapat 1 userpendata.

16 . Sudah Simpan Data Keluarga Tapi di Portal Masih Kosong?

Pada Aplikasi Input: Data kemungkinan belum terikirim ke server. Refresh dan tunggu feedback status

Pada Aplikasi Portal: Cek Melalui Menu Monitoring

17 . Data dan Grafik di Beranda Portal Kadang Muncul Kadang Kosong?

Jika Data di Beranda tidak muncul/kosong bisa diabaikan. Untuk Melihat Progres Bisa melalui Menu Monitoring

Input Data PK2021

01. Cara Mendapatkan Username dan Password Pendata?

Hubungi Supervisor dan/atau Manajer Data Wilayah Anda

02. Bagaimana Spesifikasi HP untuk Input Data PK 2021?

*Spesifikasi smartphone tidak mengikat.*

Berdasarkan pengamatan dan coba2 datanya sebagai beikut:
Ukuran File Aplikasi Input Progressive Web Apps (PWA) PK21 sangat ringan ± 481KB
Perkiraan ukuran file data per Keluarga ± 12KB.
Perkiraan kebutuhan ruang penyimpanan data untuk 150 KK ± 1800KB atau 1,8MB

03. Adakah Tips untuk Kelancaran Input Data PK 2021?
  • Gunakan Setting Tanggal dan Waktu Otomatis
  • Lakukan Update Browser sebelum mulai mendata
  • Kunci Tampilan ke Posisi Tegak (Nonaktifkan Auto Rutate)
  • Hindari menggunakan “Night Mode”
04. Apa saja yang harus dilakukan oleh Pendata Pada Aplikasi Input?
  1.  Input Data
  2.  Perbaiki data yang tidak sesuai, perhatikan validasi dan notifikasi
  3.  Klik Simpan Data setiap selesai input data baru atau
  4.  Klik Update Data setiap selesai edit data atau draft
  5.  Input dan Simpan Rekap RT
05. Kapan Penggunaan Aplikasi Input Harus Online?

Pada saat pertama kali akses, Pada saat Login, dan Untuk mengirimkan Data Keluarga yang sudah lengkap tersimpan.

06. Apakah Input Data Keluarga Dapat Dilakukan Secara Offline?

Ya, Input Data Keluarga dapat dilakukan secara offline/mode pesawat.

07.a. Cara Install Shortcut Aplikasi PWA?

Cara Install Aplikasi PWA PK2021 dari Chrome

Pada Smartphone Android:

Jika tidak muncul otomatis, klik menu titik2 ato garis vertikal d browser (umumnya di bagian kanan atas) kmd cari “tambahkan ke layar utama” atau “install aplikasi” (biasanya posisinya agak dibawah) berdekatan dengan tombol “Desktop Mode”.

Pada Smartphone IOS:

Buka PK21 menggunakan safari, ketuk Share, Ketuk Add To Home Screen, Ketuk Add.

Pada Laptop/PC:

Pada address bar browser klik tombol “Install Aplikasi”.

07.b. Apakah Aplikasi PWA yang digunakan mendata harus update versi 2.0?

Ya

08. Perbedaan Menu Daftar Keluarga dan Daftar Draft?

Daftar Draft berisi data yang belum terisi penuh/belum lengkap dan tersimpan dengan mode “Save As Draft”

Daftar Keluarga berisi list data yang sudah terisi penuh/lengkap dan tersimpan.

09. Apakah Jika Memencet Tombol Hapus Pada Aplikasi Input maka Data di Server Akan Terhapus?

Ya

10 . Pendata Sudah Simpan Data Keluarga Tapi Status Kosong?

Data kemungkinan belum terikirim ke server. Refresh dan tunggu feedback status

11. Pada Daftar Keluarga ketika klik refresh data malah hilang dari list

Data yang telah masuk server tidak hilang,  data akan tampil di list Daftar Keluarga kembali.

Data yang berhasil tersimpan di server ditandai status yang sudah muncul, minimal dengan status Received.

12. Pada saat Pilih RW/RT Wilayah Pendataan Sesuai Ketugasan Tidak Muncul/tidak ada?

Hubungi Supervisor, hubungi Manajer Data

13. Muncul Halaman Untuk Mengisi Anggota Keluarga dan Tidak Bisa Lanjutkan apabila dikosongi?

Jika seluruh anggota keluarga sudah terisi kemudian muncul halaman isian data anggota keluarga dan tidak bisa Lanjutkan jika data kosong karena sudah tidak ada nggota keluarga yang lain maka cek isian Jumlah Anggota Keluarga pada Form Data Kependudukan.

14. Pada saat mulai mengisi Form Data Kependudukan ada notifikasi “Terdapat Data Yag Sama” dan tidak dapat Lanjutkan

Cek pada Daftar Draft dan Data Keluarga apakah ada data dengan No. Urut Keluarga yang sama pada wilayah yang sama.

Edit atau sesuaikan No. Urut Keluarga.

Hasil Listing dapat menjadi acuan.

15. Hubungan Dengan Kepala Keluarga “Istri” tidak otomatis muncul pada anggota keluarga yang diinput setelah Kepala Keluarga dengan status kawin?

Cek Jenis Kelamin Kepala Keluarga.

Jika status Kepala Keluarga adalah “kawin”, pastikan jenis kelamin adalah “laki-laki”.

16. Ibu Kandung tidak muncul pada anggota keluarga dengan Hubungan Dengan Kepala Keluarga “Anak”

Cek Jenis Kelamin Kepala Keluarga.

Daftar nama pada Kode ibu kandung hanya akan muncul jika terdapat anggota keluarga dgn jenis kelamin “perempuan”.

17. Bagaimana Mengisikan Kode Ibu Kandung untuk Anak yang bukan anak kandung?

Jika Ibu Kandung tidak terdapat dalam form yang sama pilih Kode Ibu Kandung 00

18. Pada Blok KB No.8. Sumber mendapatkan pelayanan alat/obat/cara KB terakhir pilihan jawaban tidak muncul sepenuhnya seperti di formulir kertas

Periksa kembali Jawaban Blok KB No.7 Jenis alat/obat/cara KB (Kontrasepsi) yang dipakai saat ini atau terakhir dipakai.

 

Contoh:

Jika Jawaban Blok KB No.7 MOW atau MOP maka pilihan jawaban pada Blok KB No.8 hanya muncul RS Pemerintah/TNI/Polri dan RS Swasta

19. Bagaimana cara mengisikan Blok PK No. 25. Luas rumah/bangunan keseluruhan (m2)? Semisal ada 3 Keluarga yang tinggal dalam bangunan yang sama?

Isikan Luas Rumah/Bangunan dengan angka yang sama pada form seluruh Keluarga tersebut

20. Blok PK No.26. Orang yang tinggal dan menetap di rumah/bangunan ini? Apakah diisikan sejumlah orang yang tinggal bersama meskipun anggota keluarga yang berbeda?

Ya

21. Apakah harus klik Perbaharui Data/Simpan Data Pada halaman Preview Edit Data di bagian akhir form/sesi wawancara?

Ya, untuk menyimpan data.

22. Tidak bisa lanjut ketika input data KK Duda dengan Anak padahal di kolom Kode Ibu Kandung pada Anak sudah dipilih 00?

 7,900 total views

Pada saat mengisikan data pada form anak kode ibu kandung biarkan default 00 tidak perlu di klik.

Masalah tersebut terjadi ketika klik Kode Ibu Kandung dan tersentuh tulisan “Kode Ibu Kandung” bukan 00 (kodenya).

 

Tips jika sudah terlanjur supaya pengisian bisa Lanjutkan:

Save As Draft kemudian edit dati Daftar Draft

Ada Tanggapan atau Usulan Pertanyaan untuk ditampilkan pada FAQs PK2021? Dengan senang hati mohon dikirimkan melalui Link Ini