BKKBN Latih Dokter dan Bidan untuk Pelayanan Kontrasepsi yang Berkualitas

YOGYAKARTA — “Program KB adalah salah satu intervensi efektif dalam mengurangi Angka Kematian Ibu dan Anak serta Stunting. Untuk menghasilkan pelayanan yang berkualitas, tentu harus didukung oleh tenaga kesehatan yang berkompeten,” demikian disampaikan Kepala BKKBN Dr.(H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) dalam Kunjungan Kerja Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi Bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di RSUP dr. Sardjito, Rabu (20/7).

BKKBN telah ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting. Untuk itu, pada tahun ini BKKBN mendapatkan amanah untuk mendukung Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Pada tahun 2022, ditargetkan kurang lebih 1.085 bidan dapat terlatih dengan menggunakan kurikulum Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasyankes yang telah disusun Kementerian Kesehatan bersama dengan POGI, IBI dan BKKBN. 

Saat ini sedang dilaksanakan pelatihan bagi 34 peserta yang berasal dari 7 provinsi yakni Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Jawa Barat dan DI. Yogyakarta. Pelatihan ini diselenggarakan dengan terbagi menjadi 2 angkatan, yakni angkatan I dilaksanakan pada tanggal 4 s.d. 22 Juli 2022, sedangkan angkatan II dilaksanakan pada tanggal 4 Juli s.d. 5 Agustus 2022 dengan metode pembelajaran daring selama 9 hari dan pembelajaran luring selama 5 hari.

“Harapannya, jumlah tenaga kesehatan yang kompeten dalam memberikan pelayanan KB akan terus bertambah sehingga masyarakat akan mendapatkan Pelayanan KB yang berkualitas serta terstandar sesuai kebutuhannya,” jelas sosok yang akrab disapa Dokter Hasto tersebut. 

Hal tersebut disambut baik oleh jajaran direksi RSUP Dr. Sardjito selaku pihak lokasi penyelenggaraan pelatihan. Direktur Utama RSUP dr. Sardjito, dr. Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, MMR, menyampaikan bahwa RSUP dr. Sardjito memiliki Institusi Pelatihan yang telah terakreditasi oleh Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kementerian Kesehatan RI. Lebih lanjut, Eniarti mengucapkan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan BKKBN dalam penyelenggaraan pelayanan KB di RSUP dr. Sardjito selama ini serta berkomitmen akan terus mendukung terlaksananya program KB yang berkualitas bagi masyarakat. 

Turut hadir mendampingi dalam kunjungan kerja tersebut adalah Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP dr. Sardjito, dr. Sri Mulatsih, Sp.A(K), MPH; Ketua POKJA KB dan KESPRO PP POGI dr. Ilyas Angsar, SpOG (K-FER); Perwakilan Tim Pelatih Nasional, dr. Muhammad Nurhadi Rahman, Sp.OG(K); Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kependudukan dan KB BKKBN RI, Dr. Lalu Makripuddin, M.Si; serta Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Shodiqin, SH, MM beserta jajaran. 

Humas BKKBN DIY

WhatsApp Admin