FAQ INPUT
01. Cara Mendapatkan Username dan Password Pendata?
Hubungi Supervisor dan/atau Manajer Data Wilayah Anda
02. Bagaimana Spesifikasi HP untuk Input Data PPK 2022?
1. Merk smartphone tidak mengikat.
2. Sangat direkomendasikan Android Marshmallow 6.0 atau terbaru
3. Maximum Core Speed 1.5 Ghz atau lebih tinggi (untuk kenyamanan dalam akses aplikasi)
4. 2 GB of RAM atau lebih (untuk load data ke dalam smartphone)
5. Setidaknya terdapat 1GB freespace, atau direkomendasikan 5 GB Free Space of Internal Storage (untuk kebutuhan restore dan backup data serta menyimpan registry aplikasi)
6. Google Chrome Browser (Wajib)
7. Kuota Internet/WiFi untuk kebutuhan load data dan kirim data ke server
03. Tips Setting HP/Smartphone untuk Kelancaran Input Data PPK22?
1. Gunakan Setting Tanggal dan Waktu Otomatis
2. Lakukan Update Chrome sebelum mulai mendata
3. Tutup Tabs Chrome yang tidak digunakan
4. Non aktifkan Auto Rotate
5. Hindari menggunakan “Night Mode”
04. Kapan Penggunaan Aplikasi Input Harus Online?
Pada saat pertama kali akses, Pada saat Login, Retrive data, dan Untuk mengirimkan Data Keluarga yang sudah lengkap tersimpan.
05. Apakah Input Data Keluarga Dapat Dilakukan Secara Offline?
Ya, Input Data Keluarga dapat dilakukan secara offline/mode pesawat.
06. Cara Memunculkan Popup Install Shortcut Aplikasi PWA?
Pada Smartphone Android:
Jika tidak muncul otomatis, klik menu titik2 ato garis vertikal d browser (umumnya di bagian kanan atas) kmd cari “tambahkan ke layar utama” atau “install aplikasi” (biasanya posisinya agak dibawah) berdekatan dengan tombol “Desktop Mode”.
Pada Smartphone IOS:
Buka PK21 menggunakan safari, ketuk Share, Ketuk Add To Home Screen, Ketuk Add.
Pada Laptop/PC:
Pada address bar browser klik tombol “Install Aplikasi”.
07. Cara Login Aplikasi Input?
1. Buka Chrome Browser
2. Ketik alamat URL pemutakhiranpk22-pdn.bkkbn.go.id
3. Setelah muncul halaman login ketik username (umumnya polanya adl pKODEWILAYAHnama)
4. Ketik password
5. Tandai/centang "Saya Bukan Robot"
6. Klik Login
Jika muncul halaman Ubah Password:
Ketik Password Baru dan Konfirmasi Password Baru,
klik SIMPAN
08. Perbedaan Daftar Keluarga dan Daftar Draft?
Daftar Draft berisi data yang belum terisi penuh/belum lengkap dan tersimpan dengan mode “Save As Draft”
Daftar Keluarga berisi list data yang sudah terisi penuh/lengkap dan tersimpan.
10. Pada saat Pilih RW/RT Wilayah Pendataan Sesuai Ketugasan Tidak Muncul/tidak ada?
Hubungi Supervisor, hubungi Manajer Data
11. Muncul Halaman Untuk Mengisi Anggota Keluarga dan Tidak Bisa Lanjutkan apabila dikosongi?
Jika seluruh anggota keluarga sudah terisi kemudian muncul halaman isian data anggota keluarga dan tidak bisa Lanjutkan jika data kosong karena sudah tidak ada nggota keluarga yang lain maka cek isian Jumlah Anggota Keluarga pada Form Data Kependudukan.
12. Pada saat mulai mengisi Form Data Kependudukan ada notifikasi “Terdapat No Keluarga Yang Sama” dan tidak dapat Lanjutkan
Cek pada Daftar Draft dan Data Keluarga apakah ada data dengan No. Urut Keluarga yang sama pada wilayah RT yang sama.
Edit atau sesuaikan No. Urut Keluarga.
Hasil Listing dapat menjadi acuan.
13. Hubungan Dengan Kepala Keluarga “Istri” tidak otomatis muncul pada anggota keluarga yang diinput setelah Kepala Keluarga dengan status kawin?
Cek Jenis Kelamin Kepala Keluarga
14. Ibu Kandung tidak muncul pada anggota keluarga dengan Hubungan Dengan Kepala Keluarga “Anak”
Cek Isian Jenis Kelamin dan Status Perkawinan Kepala Keluarga
Cek Isian Jenis Kelamin dan Status Perkawinan Istri Kepala
15. Bagaimana Mengisikan Kode Ibu Kandung untuk Anak yang bukan anak kandung?
Jika Ibu Kandung tidak terdapat dalam form yang sama pilih Kode Ibu Kandung 00
16. Error Jumlah yang didata telah tercapai atau target kk belum diset
Error tersebut karena pendata input d RT yg sudah terpenuhi input Target Keluarganya.
– Cek Rekap RT, Bandingkan angka Jumlah Keluarga Yang Didata dengan Jumlah Keluarga Yang Ada (Target KK).
– Cek Daftar Keluarga pada RT
– Jika ada data dobel Hapus dobelnya,
– jika ada yg salah input -biasanya salah wilayah- lakukan edit
– Jika memerlukan penambahan target KK dapat dilakukan penambahan target KK mll pengaturan target KK di Portal (jika memungkinkan), komunikasikan dg SPV/MD/MP.
17. Error NIK Tidak Boleh Sama
Cek isian data seluruh anggota keluarga yg sudah terisi, bisa jadi ada data yg terisi/disimpan sebelumnya (pk21) ada yang salah isi nik di anggota keluarga.
Misal jika pada pk21 isian NIK Ibu salah, namun data NIK anak terisi nik ibu, maka
Edit dulu data anaknya, isikan NIK anak dengan benar
kemudian kembali ke form ibu, isikan NIK ibunya,
kemudian lanjutkan
18. Targetnya KK tidak muncul/0
Sampikan ke SPV, MD untuk cek target KK di Portal
19. Data Tidak Ditemukan/Data tidak muncul di Daftar Keluarga
Sampikan ke SPV, MD untuk cek target KK di Portal
20. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21 namun pada PPK22 KK telah pindah domisili
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Pindah.
2. Klik Lanjutkan
3. Klik PERBARUI DATA.
21. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21 bertambah anggota keluarga
Misalkan pada PK21 hanya pasangan suami isteri, kemudian saat PPK22 bertambah keluarga ada anak 1
Langkah Input:
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian klik icon pensil untuk edit keluarga,
2. edit jumlah anggota keluarga sesuai jumlah saat ini (dalam contoh ini edit jml anggota keluarga 2 menjadi 3),
3. Pilih Status Keluarga 1.Ada.
4. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data KK/Suami,
5. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data Istri,
6. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data Anak, pada form anak Mutasi Anggota Keluarga pilih Anggota Baru,
7. Lanjutkan edit/input Blok selanjutnya.
22. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21 namun pada PPK22, KK atau Istri Meninggal Dunia
Langkah Input:
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Bercerai (krn cerai mati). klik Perbarui Data.
2. Jika masih ada keluarga yang masih tinggal:
Klik Tambah Data untuk input data baru keluarga yang masih ada.
Misal yg meninggal KK/Suami, maka pada data baru status Istri/Ibu sebagai KK dengan status perkawinan Cerai Mati, dan seterusnya.
23. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21 namun pada PPK22 telah bercerai dan Belum menikah lagi
Langkah Input:
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Bercerai. klik Perbarui Data.
2. Input data keluarga baru untuk anggota keluarga yang masih ada. Misal yg masih tinggal adalah Istri dan anak, maka pada data baru status Istri/Ibu sebagai KK dengan status perkawinan Cerai Hidup, dan seterusnya.
24. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21, telah bercerai, namun pada PPK22 telah bercerai/meninggal dunia dan sudah menikah lagi
Langkah Input:
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Bercerai. klik Perbarui Data.
2. Input data keluarga baru untuk dengan anggota keluarga saat ini.
25. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21 Janda/Duda namun pada PPK22 telah Menikah
Langkah Input:
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, edit jumlah anggota keluarga jika jumlah bertambah atau berkurang,
2. Pilih Status Keluarga 1.Ada.
3. Lanjutkan input data keluarga dengan Kepala keluarga adalah Suami/pasangan saat ini, Istri, Anak, dan seterusnya.
26. Error invalid username/password
Cek pengisian username dan password, pastikan sudah sesuai.
Lapor SPV, MD
27. Error Layar Putih
Beberapa opsi bisa dilakukan:
1. Clear/Hapus Cache/Histori/Riwayat chrome, kmd buka aplikasi lg
2. Ijinkan Cookie chrome
3. Cek kapasitas media penyimpanan/memory smartphone, kl space mepet bs dilonggarkan
4. Cek aplikasi yg berjalan bersamaan, close apps jika hpnya tdk kuat buka bbrp app sklgs.
5. Tutup kemudian buka chrome
6. Restart Smartphone
7. Cek Update Perangkat Lunak HP
8. Cek Sinyal
28. Pindah wilayah oleh pendata
Hanya bisa dilakukan jika wilayah asal dan tujuan merupakan wilayah kerja user pendata yang sama.
Langkahnya:
1. Edit data keluarga
2. Pilih Wilayah, sesuaikan no orut keluarga
3. Dan seterusnya
Catatan: sebelum memindahkan sebaiknya list/cek no urut keluarga seperti contoh video: https://youtu.be/lCFsueHJis4
29. Status data Keluarga di PWA/Aplikasi Input
1. Tersimpan: Data Hasil pemutakhiran PK22 yang telah masuk ke server tp belum masuk ke proses antrian untuk validasi.
2. Received: data telah siap masuk antrian validasi di server
3. Anomali:
a. anggota keluarga berusia >= 17 tahun dengan NIK diisi 9 sebanyak 16 kali
b. anggota keluarga berusia < 10 TAHUN dengan status perkawinan "KAWIN"
c. jika anggota keluarga berusia < 10 TAHUN dengan status hubungan dengan kepala keluarga adalah "KEPALA KELUARGA"
d. jika anggota keluarga berusia < 10 TAHUN dan memiliki pekerjaan
e. jika anggota keluarga berusia < 5 TAHUN dan pendidikan terisi SELAIN tidak/belum sekolah
4. Anomali terkonfirmasi: data anomali yang telah di konfirmasi bahwa data seperti Point II adalah benar (dilakukan konfirmasi oleh MD)
5. Not Valid: Data Tidak Lolos validasi di Aplikasi Pengolahan, biasany ada notifikasi di daftar keluarga ( gradasi warna pink) variabel yang not Valid. agar valid maka lakukan perbaikan di variabel yang berwarna pink
6. Valid: data yang telah lolos validasi sistem pengolahan aplikasi.( data yang sudah sesuai dengan role validasi di system pengolahan)
30. Progress 0 atau lebih sedikit dari Data yang diinput (aplikasi sd v 5.0.25)
Penjelasan terkait Progress di home PWA/Input:
Angka progress yg saat ini ditampilkan di halaman Home Aplikasi Input/PWA berdasarkan data yg ada centang birunya di Daftar Keluarga.
Silakan cek di Rekap RT.
Angka pada Jumlah Keluarga Yang Didata adalah jumlah dari Data Keluarga dengan Status Keluarga 1. Ada dan 6. Keluarga Baru.
Angka tersebut dapat menjadi rujukan capain sebenarnya.
Untuk memastikan data telah ada di server dapat dilakukan login user pendata di perangkat lain, atau hubungi SPV/MD.
13102022
31. Maps Nyasar/tidak sesuai lokasi
Untuk menghindari maps nyasar/tidak sesuai lokasi bisa lakukan buka google maps dulu sebelum membuka aplikasi input pemutakhiran pk22.
32. Maps tidak muncul/muter2 (aplikasi v.5.0.25)
Geser lokasi yg sinyal bgus, jika maps muncul tp tdk sesuai maps bs disesuaikan dengan menggeser pin/titik merahya.
Klik Pilih lokasi jika sudah sesuai.
33. Maps tidak muncul di aplikasi v 5.0.26
Geotag/maps tersimpan otomatis sesuai lokasi pemutakhiran/input data.
34. Progress banyak tetapi belum semua status valid/masih tersimpan atau received (aplikasi v 5.0.26 dst)
Pada update terbaru, Progress sudah menghitung semua status tyang sudah berada di server dan tidak hanya yang centang biru.
Lakukan cek dg rekap rt utk memastikan datanya sinkron dengan jumlah Keluarga yang Sudah Didata.
35. Status yang Terhitung di Progress Aplikasi Input v 5.0.27 dst
KK dengan Status Keluarga 1. Ada atau 6. Keluarga Baru dengan status data : Valid, Animali/Anomali Terkonfirmasi, Received.
36. Error Jumlah yang Didata Telah Tercapai (padahal belum)
Hapus Histori kemudian muat ulang aplikasi atau logout login.
FAQ PORTAL
01. Cara Mengetahui Username Manajer Pengelola dan Manajer Data?
Username Manajer Pengelola Manajer Data sudah disediakan/dibuatkan, hubungi Admin.
02. Cara Mengetahui Username Supervisor?
Username Supervisor sudah disediakan/dibuatkan. Manager Pengelola dan Manager Data dapat melihat daftar username supervisor di wilayahnya dengan cara:
Login portal sebagai Manajer kemudian
Pengaturan > User > Pilih Role Supervisor > Klik Tampilkan
Username Supervisor diawali prefix “spv” dengan pola “spvKodeProvKodeKabKodeKecNAMAKELURAHAN”
Contoh:
Username Supervisor di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dg kode Kecamatan 19 usernamenya adalah: spv340419KELURAHAN
03. Cara Update Profil?
Langkah update profil:
Login di Portal > Klik My Profile > kemudian Lengkapi Profil > Simpan Profil
04. Cara Mengganti Username?
Username yang telah dibuat tidak dapat diganti/ubah/edit. Hubungi admin
05. Cara Reset Password?
Login Portal kemudian klik My Profile > pada bagian Perubahan Password isi Password lama > isi Password Baru > isi Konfirmasi Password Baru (sama dengan Password Baru) >klik Ubah Password
atau
Hubungi Admin, ajukan permintaan reset password.
06. Bagaimana Sebaiknya Tahapan Pengaturan Aplikasi Portal?
Sebaiknya Urutan Penggunaan menu Pengaturan pada Aplikasi Portal sebagi berikut:
1. Pengaturan Master Wilayah untuk memastikan wilayah sudah tersusun lengkap dan benar
2. Pengaturan Target KK Wilayah untuk memastikan wilayah sudah terdistribusi dengan benar
3. Pengaturan User untuk membuat User Pendata dan memastikan user setiap wilayah tersedia
07. Bagaimana Sebaiknya Tahapan Perapihan Wilayah?
Tahapan Perapihan Wilayah
1. Langkah Pertama yang harus dilakukan oleh Manajer adalah Memeriksa data wilayah pada Master Wilayah
2. Jika ada data yang tidak sesuai &/ tidak lengkap maka Manajer Data harus melengkapi &/ meng-edit
3. Jika ada Wilayah yang belum ada di daftar wilayah lakukan Tambah Wilayah
4. Jika data Wilayah sudah Lengkap dan Sesuai lanjutkan ke proses berikutnya
08. Bagaimana Ketentuan Input Target KK?
1. Target KK maksimal Kecamatan didapat dari (dikoordinasikan dengan)BKKBN Provinsi
2. Jumlah seluruh target KK per RT tidak boleh lebih besar dari Maksimal target Kecamatan
3. Manajer Data dapat mengelola target KK per RT antar wilayah selama tidak melebihi maks target kecamatan
4. Lapor admin provinsi jika akan merubah target KK maks kecamatan hasil pemetaan
09. Cara Menambah User Pendata?
1. Klik menu pengaturan
2. KlikUser
3. Klik Tambah User
4. Ketik Username (namapendek)
5. Lengkapi form/kolom data user. Isikan data sesuai identitas yang sah.
6. Jika memiliki NPWP centang "Apakah memiliki NPWP?" kemudian isikan NO NPWP
7. Pilih Status kepegawaian user PNS/PPPK/Bukan PNS
8. Pilih Role Pendata (sesuai role user yang akan dibuat)
9. Pilih wilayah sd RT
10. Klik Tambah Wilayah
11. Jika Wilayah lebih dari 1 RT ulangi Langkah 9 dan 10
12. Centang Data yang dimasukkan sudah benar dan dapat dipertanggungjawbkan
13. Klik Simpan
10. Cara Edit / Hapus Username Pendata?
Username tidak dapat diedit/dihapus. Termasuk user yang dinonaktifkan.
11. Cara Mengaktifkan User
1. Klik menu Pengaturan
2. Klik User
3. Pilih Wilayah
4. Pilih Role user yang akan diaktifkan (misal Pendata)
5. Klik Cari
6. Klik icon "Ubah Status User" Pada kolom ACTION sesuai data user
7. Klik Ya
12. Cara Menonaktifkan User
1. Klik menu pengaturan
2. Klik User
3. Pilih Wilayah
4. Pilih Role user yang akan dinonaktifkan (misal Pendata)
5. Klik Cari
6. Klik icon "Ubah Status User" Pada kolom ACTION sesuai data user
7. Klik Ya
13. Cara Membuat Username Baru
1. Klik menu pengaturan
2. KlikUser
3. Klik Tambah User
4. Ketik Username (namapendek)
5. Lengkapi form/kolom data user. Isikan data sesuai identitas yang sah.
6. Jika memiliki NPWP centang "Apakah memiliki NPWP?" kemudian isikan NO NPWP
7. Pilih Status PNS/PPPK/Bukan PNS
8. Pilih Role Pendata (sesuai role user yang akan dibuat)
9. Pilih wilayah sd RT
10. Klik Tambah Wilayah
11. Jika Wilayah lebih dari 1 RT ulangi Langkah 9 dan 10
12. Centang Data yang dimasukkan sudah benar dan dapat dipertanggungjawbkan
13. Klik Simpan
14. Tips pembuatan username baru
1. Tuliskan NAMADEPAN pada kolom Username
2. Tuliskan NAMA LENGKAP pada kolom Nama Lengkap
Username akan secara otomatis ditambahkan pKODEWILAYAH di depan nama, sehingga akan terbentuk username dengan pola pKODEWILAYAHnama.
jika kolom username diisi kode wilayah maupun nama panjang atau karak lain akan menyebabkan username jadi terlalu panjang.
15. Error User Telah Ada (Gagal simpan user pendata)
Cek User pendata sampai dengan wilayah RT
Jika sudah ada username pendata yang aktif:
1. jika username tidak digunakan, non aktifkan, atau
2. jika username yg sudah ada digunakan untuk wilayah berbeda, klik edit user, kemudian tentukan wilayah user, hapus wilayah RT yang tidak menjadi wilayah user tersebut, simpan.
Lanjutkan dengan pembuatan user baru atau edit dan tambahkan wilayah untuk user lain.
16. Error Gagal Input/ubah Target KK
Pastikan Maks. Target Kecamatan SAMA DENGAN atau LEBIH BESAR dari Jumlah Target KK yang akan diinput/diperbarui
17. Tips Update Target KK
1. Isikan Maks. Total Target Kecamatan dg angka yg sama atau lebih tinggi dg Jumlah Target KK yg saat ini tertulis
2. edit data tTarget per RT dg klik kemudian edit/ubah angka
3. setelah selesai semua RT, edit Target Total Kecamatan sesuai Target saat ini.
18 . Tips Update Data Profil Petugas
Lengkapi semua data petugas berdasarkan KTP
Dalam pengisian alamat sesuai KTP, isikan Alamat, kemudian pilih berurutan mulai Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dst
Kodepos diketik sesuai Kode Pos alamat KTP
19. error invalid username/password user pendata
Beberapa opsi utk menangani error invalid username/password spt itu:
MD cek user di portal
1. Jika username salah ketik d pendata, beritahu pendata username yg benar,
2. Jika username ada tp non aktif ubah status jd aktif,
3. Jika username blm ada bs dibuat baru,
4. Jika username baru dibuat, tunggu beberapa saat ±30 mnt utk login,
5. Jika username ada dan aktif lama, non aktifkan username kmd aktifkan kembali
20. Tips Update Data Profil MP dan MD
Edit user profil MP dan MD dapat dilakukan menggunakan user MD.
Langkahnya:
Pengaturan User > Cari (tanpa pilih role) > cari user MP dan MD dari kolom pencarian atau langsung klik page terahir > edit user MP/MD

“FAQ PK22 merupakan kumpulan informasi tanya jawab pemutakhiran pk22, utamanya terkait berbagi tips, trik, solusi dan strategi penyelesaian kendala aplikasi ppk22.”
— Admin