FAQ INPUT

Hubungi Supervisor dan/atau Manajer Data Wilayah Anda

1. Merk smartphone tidak mengikat.

2. Sangat direkomendasikan Android Marshmallow 6.0 atau terbaru

3. Maximum Core Speed 1.5 Ghz atau lebih tinggi (untuk kenyamanan dalam akses aplikasi)

4. 2 GB of RAM atau lebih (untuk load data ke dalam smartphone)

5. Setidaknya terdapat 1GB freespace, atau direkomendasikan 5 GB Free Space of Internal Storage (untuk kebutuhan restore dan backup data serta menyimpan registry aplikasi)

6. Google Chrome Browser (Wajib)

7. Kuota Internet/WiFi untuk kebutuhan load data dan kirim data ke server

1. Gunakan Setting Tanggal dan Waktu Otomatis
2. Lakukan Update Chrome sebelum mulai mendata
3. Tutup Tabs Chrome yang tidak digunakan
4. Non aktifkan Auto Rotate
5. Hindari menggunakan “Night Mode”

Pada saat pertama kali akses, Pada saat Login, Retrive data, dan Untuk mengirimkan Data Keluarga yang sudah lengkap tersimpan.

Ya, Input Data Keluarga dapat dilakukan secara offline/mode pesawat.

Pada Smartphone Android:
Jika tidak muncul otomatis, klik menu titik2 ato garis vertikal d browser (umumnya di bagian kanan atas) kmd cari “tambahkan ke layar utama” atau “install aplikasi” (biasanya posisinya agak dibawah) berdekatan dengan tombol “Desktop Mode”.

Pada Smartphone IOS:
Buka PK21 menggunakan safari, ketuk Share, Ketuk Add To Home Screen, Ketuk Add.

Pada Laptop/PC:
Pada address bar browser klik tombol “Install Aplikasi”.

1. Buka Chrome Browser
2. Ketik alamat URL pemutakhiranpk22-pdn.bkkbn.go.id
3. Setelah muncul halaman login ketik username (umumnya polanya adl pKODEWILAYAHnama)
4. Ketik password
5. Tandai/centang "Saya Bukan Robot"
6. Klik Login

Jika muncul halaman Ubah Password:
Ketik Password Baru dan Konfirmasi Password Baru,
klik SIMPAN

Daftar Draft berisi data yang belum terisi penuh/belum lengkap dan tersimpan dengan mode “Save As Draft”
Daftar Keluarga berisi list data yang sudah terisi penuh/lengkap dan tersimpan.

Jika seluruh anggota keluarga sudah terisi kemudian muncul halaman isian data anggota keluarga dan tidak bisa Lanjutkan jika data kosong karena sudah tidak ada nggota keluarga yang lain maka cek isian Jumlah Anggota Keluarga pada Form Data Kependudukan.

Cek pada Daftar Draft dan Data Keluarga apakah ada data dengan No. Urut Keluarga yang sama pada wilayah RT yang sama.

Edit atau sesuaikan No. Urut Keluarga.

Hasil Listing dapat menjadi acuan.

Cek Isian Jenis Kelamin dan Status Perkawinan Kepala Keluarga
Cek Isian Jenis Kelamin dan Status Perkawinan Istri Kepala

Jika Ibu Kandung tidak terdapat dalam form yang sama pilih Kode Ibu Kandung 00

Error tersebut karena pendata input d RT yg sudah terpenuhi input Target Keluarganya.
– Cek Rekap RT, Bandingkan angka Jumlah Keluarga Yang Didata dengan Jumlah Keluarga Yang Ada (Target KK).
– Cek Daftar Keluarga pada RT
– Jika ada data dobel Hapus dobelnya,
– jika ada yg salah input -biasanya salah wilayah- lakukan edit
– Jika memerlukan penambahan target KK dapat dilakukan penambahan target KK mll pengaturan target KK di Portal (jika memungkinkan), komunikasikan dg SPV/MD/MP.

Cek isian data seluruh anggota keluarga yg sudah terisi, bisa jadi ada data yg terisi/disimpan sebelumnya (pk21) ada yang salah isi nik di anggota keluarga.

Misal jika pada pk21 isian NIK Ibu salah, namun data NIK anak terisi nik ibu, maka
Edit dulu data anaknya, isikan NIK anak dengan benar
kemudian kembali ke form ibu, isikan NIK ibunya,
kemudian lanjutkan

Sampikan ke SPV, MD untuk cek target KK di Portal

Sampikan ke SPV, MD untuk cek target KK di Portal

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Pindah.
2. Klik Lanjutkan
3. Klik PERBARUI DATA.

Misalkan pada PK21 hanya pasangan suami isteri, kemudian saat PPK22 bertambah keluarga ada anak 1

Langkah Input:

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian klik icon pensil untuk edit keluarga,
2. edit jumlah anggota keluarga sesuai jumlah saat ini (dalam contoh ini edit jml anggota keluarga 2 menjadi 3),
3. Pilih Status Keluarga 1.Ada.
4. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data KK/Suami,
5. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data Istri,
6. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data Anak, pada form anak Mutasi Anggota Keluarga pilih Anggota Baru,
7. Lanjutkan edit/input Blok selanjutnya.

Langkah Input:

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Bercerai (krn cerai mati). klik Perbarui Data.

2. Jika masih ada keluarga yang masih tinggal:

Klik Tambah Data untuk input data baru keluarga yang masih ada.

Misal yg meninggal KK/Suami, maka pada data baru status Istri/Ibu sebagai KK dengan status perkawinan Cerai Mati, dan seterusnya.

Langkah Input:

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Bercerai. klik Perbarui Data.
2. Input data keluarga baru untuk anggota keluarga yang masih ada. Misal yg masih tinggal adalah Istri dan anak, maka pada data baru status Istri/Ibu sebagai KK dengan status perkawinan Cerai Hidup, dan seterusnya.

Langkah Input:

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Bercerai. klik Perbarui Data.
2. Input data keluarga baru untuk dengan anggota keluarga saat ini.

Langkah Input:

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, edit jumlah anggota keluarga jika jumlah bertambah atau berkurang,
2. Pilih Status Keluarga 1.Ada.
3. Lanjutkan input data keluarga dengan Kepala keluarga adalah Suami/pasangan saat ini, Istri, Anak, dan seterusnya.

Beberapa opsi bisa dilakukan:

1. Clear/Hapus Cache/Histori/Riwayat chrome, kmd buka aplikasi lg

2. Cek kapasitas media penyimpanan/memory smartphone, kl space mepet bs dilonggarkan

3. Cek aplikasi yg berjalan bersamaan, close apps jika hpnya tdk kuat buka bbrp app sklgs.

4. Tutup kemudian buka chrome

5. Restart Smartphone

FAQ PORTAL

Username Manajer Pengelola Manajer Data sudah disediakan/dibuatkan, hubungi Admin.

Username Supervisor sudah disediakan/dibuatkan. Manager Pengelola dan Manager Data  dapat melihat daftar username supervisor di wilayahnya dengan cara:

Login portal sebagai Manajer kemudian

Pengaturan > User > Pilih Role Supervisor > Klik Tampilkan

Username Supervisor diawali prefix “spv” dengan pola “spvKodeProvKodeKabKodeKecNAMAKELURAHAN”

Contoh:

Username Supervisor di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dg kode Kecamatan 19 usernamenya adalah: spv340419KELURAHAN

Langkah update profil:

Login di Portal > Klik My Profile > kemudian Lengkapi Profil > Simpan Profil

Username yang telah dibuat tidak dapat diganti/ubah/edit. Hubungi admin

Login Portal kemudian klik My Profile > pada bagian Perubahan Password isi Password lama > isi Password Baru > isi Konfirmasi Password Baru (sama dengan Password Baru) >klik Ubah Password

atau

Hubungi Admin, ajukan permintaan reset password.

Sebaiknya Urutan Penggunaan menu Pengaturan pada Aplikasi Portal sebagi berikut:

1. Pengaturan Master Wilayah untuk memastikan wilayah sudah tersusun lengkap dan benar

2. Pengaturan Target KK Wilayah untuk memastikan wilayah sudah terdistribusi dengan benar

3. Pengaturan User untuk membuat User Pendata dan memastikan user setiap wilayah tersedia

Tahapan Perapihan Wilayah

1. Langkah Pertama yang harus dilakukan oleh Manajer adalah Memeriksa data wilayah pada Master Wilayah

2. Jika ada data yang tidak sesuai &/ tidak lengkap maka Manajer Data harus melengkapi &/ meng-edit

3. Jika ada Wilayah yang belum ada di daftar wilayah lakukan Tambah Wilayah

4. Jika data Wilayah sudah Lengkap dan Sesuai lanjutkan ke proses berikutnya

 

1. Target KK maksimal Kecamatan didapat  dari (dikoordinasikan dengan)BKKBN Provinsi

2. Jumlah seluruh target KK per RT tidak boleh lebih besar dari Maksimal target Kecamatan

3. Manajer Data dapat mengelola target KK per RT antar wilayah selama tidak melebihi maks target kecamatan

4. Lapor admin provinsi jika akan merubah target KK maks kecamatan hasil pemetaan

1. Klik menu pengaturan
2. KlikUser
3. Klik Tambah User
4. Ketik Username (namapendek)
5. Lengkapi form/kolom data user. Isikan data sesuai identitas yang sah.
6. Jika memiliki NPWP centang "Apakah memiliki NPWP?" kemudian isikan NO NPWP
7. Pilih Status kepegawaian user PNS/PPPK/Bukan PNS
8. Pilih Role Pendata (sesuai role user yang akan dibuat)
9. Pilih wilayah sd RT
10. Klik Tambah Wilayah
11. Jika Wilayah lebih dari 1 RT ulangi Langkah 9 dan 10
12. Centang Data yang dimasukkan sudah benar dan dapat dipertanggungjawbkan
13. Klik Simpan

Username tidak dapat diedit/dihapus. Termasuk user yang dinonaktifkan.

1. Klik menu Pengaturan
2. Klik User
3. Pilih Wilayah
4. Pilih Role user yang akan diaktifkan (misal Pendata)
5. Klik Cari
6. Klik icon "Ubah Status User" Pada kolom ACTION sesuai data user
7. Klik Ya

1. Klik menu pengaturan
2. Klik User
3. Pilih Wilayah
4. Pilih Role user yang akan dinonaktifkan (misal Pendata)
5. Klik Cari
6. Klik icon "Ubah Status User" Pada kolom ACTION sesuai data user
7. Klik Ya

1. Klik menu pengaturan
2. KlikUser
3. Klik Tambah User
4. Ketik Username (namapendek)
5. Lengkapi form/kolom data user. Isikan data sesuai identitas yang sah.
6. Jika memiliki NPWP centang "Apakah memiliki NPWP?" kemudian isikan NO NPWP
7. Pilih Status PNS/PPPK/Bukan PNS
8. Pilih Role Pendata (sesuai role user yang akan dibuat)
9. Pilih wilayah sd RT
10. Klik Tambah Wilayah
11. Jika Wilayah lebih dari 1 RT ulangi Langkah 9 dan 10
12. Centang Data yang dimasukkan sudah benar dan dapat dipertanggungjawbkan
13. Klik Simpan

1. Tuliskan NAMADEPAN pada kolom Username
2. Tuliskan NAMA LENGKAP pada kolom Nama Lengkap

Username akan secara otomatis ditambahkan pKODEWILAYAH di depan nama, sehingga akan terbentuk username dengan pola pKODEWILAYAHnama.

jika kolom username diisi kode wilayah maupun nama panjang atau karak lain akan menyebabkan username jadi terlalu panjang.

Cek User pendata sampai dengan wilayah RT

Jika sudah ada username pendata yang aktif:
1. jika username tidak digunakan, non aktifkan, atau
2. jika username yg sudah ada digunakan untuk wilayah berbeda, klik edit user, kemudian tentukan wilayah user, hapus wilayah RT yang tidak menjadi wilayah user tersebut, simpan.

Lanjutkan dengan pembuatan user baru atau edit dan tambahkan wilayah untuk user lain.

Pastikan Maks. Target Kecamatan SAMA DENGAN atau LEBIH BESAR dari Jumlah Target KK yang akan diinput/diperbarui

1. Isikan Maks. Total Target Kecamatan dg angka yg sama atau lebih tinggi dg Jumlah Target KK yg saat ini tertulis
2. edit data tTarget per RT dg klik kemudian edit/ubah angka
3. setelah selesai semua RT, edit Target Total Kecamatan sesuai Target saat ini.

Lengkapi semua data petugas berdasarkan KTP

Dalam pengisian alamat sesuai KTP, isikan Alamat, kemudian pilih berurutan mulai Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dst

Kodepos diketik sesuai Kode Pos alamat KTP

Beberapa opsi utk menangani error invalid username/password spt itu:

MD cek user di portal

1. Jika username salah ketik d pendata, beritahu pendata username yg benar,

2. Jika username ada tp non aktif ubah status jd aktif,

3. Jika username blm ada bs dibuat baru,

4. Jika username baru dibuat, tunggu beberapa saat ±10 mnt utk login,

5. Jika username ada dan aktif lama, non aktifkan username kmd aktifkan kembali


“FAQ PK22 merupakan kumpulan informasi tanya jawab pemutakhiran pk22, utamanya terkait berbagi tips, trik, solusi dan strategi penyelesaian kendala aplikasi ppk22.”

— Admin

WhatsApp Admin