KEJAR TARGET TMKK, PERWAKILAN BKKBN DIY GELAR PERTEMUAN DENGAN BABINSA

“Babinsa diharapkan dapat membantu memberikan edukasi bagi masyarakat mengenai stunting,” demikian disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Shodiqin, SH., MM., pada pertemuan yang digelar di aula Kodim 0730/Gunungkidul, Jumat (9 September 2022).

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama antara BKKBN dengan TNI dan Persit Kartika Chandra Kirana dalam Percepatan Penurunan Stunting. Oleh karena itu, Perwakilan BKKBN DIY bekerja sama dengan Korem 072/Pamungkas melalui jajaran Kodim sampai dengan Babinsa se-DIY di lini lapangan bertekad ikut mendukung kegiatan baksos pelayanan KB dalam rangka momentum TNI Manunggal-Bangga Kencana Kesehatan (TMKK) tahun 2022 serta Program Percepatan Penurunan Stunting.

Sasaran utama kegiatan yang dilaksanakan secara berkesinambungan pada 5 (lima) Kodim di wilayah DIY tersebut adalah Babinsa. Untuk Kodim 0730/Gunungkidul, pertemuan diikuti oleh kurang lebih 35 (tiga puluh lima) orang Babinsa dari 18 (delapan belas) Kapanewon di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN DIY juga menyampaikan harapan agar Babinsa dapat mencapai target baksos pelayanan KB di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 10.282 dan lebih fokus pada calon peserta KB Pasca Persalinan, karena selain untuk memenuhi target TMKK, hal ini sekaligus juga berfungsi dalam mendukung upaya percepatan penurunan stunting. Babinsa juga diharapkan dapat bekerja sama dengan para Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan fasilitas kesehatan di wilayah setempat.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0730/Gunungkidul, Kapten CBA Tri Aji Laga mengingatkan kepada seluruh peserta kegiatan bahwa dengan dikukuhkannya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting maka seluruh jajaran TNI AD agar mendukung penuh program percepatan penurunan stunting.

Selain hal tersebut,  Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si., juga telah dikukuhkan  sebagai  Bapak Asuh Anak Stunting Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) pada tanggal 4 September 2022.

Kegiatan di Kodim 0730/Gunungkidul pada hari itu dihadiri pula oleh jajaran Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN DIY, Kabid. Dalduk dan KB DPMKP2KB Kabupaten Gunungkidul, M. Amirudin, Kasi Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Agung, Ketua DPC IPeKB Kabupaten Gunungkidul, Ir. Sulistyana, Technical Assistant Kabupaten Gunungkidul, Edo serta narasumber yaitu Sub Koordinator Jalsus Perwakilan BKKBN DIY, Sihana, S.Pd., dan Satgas Percepatan Penurunan Stunting DIY, Afrezah, SKM, MPH.

Sebelum pertemuan dengan para Babinsa dilaksanakan, Dandim 0730/Gunungkidul, Letkol Kav. Anton Wahyudo menerima Kepala Perwakilan BKKBN DIY beserta Koordinator Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN DIY Rohdhiana Sumariati, S.Sos., M.Sc., untuk melakukan koordinasi. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung upaya percepatan penurunan stunting di DIY, khususnya di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

-DI/Humas BKKBN DIY-

WhatsApp Admin