Tingkatkan Kompetensi Para Penyuluh KB, Perwakilan BKKBN DIY selenggarakan Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh KB dari 15 Provinsi

YOGYAKARTA – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan para Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dalam melaksanakan tugas dan fungsi jabatannya, Perwakilan BKKBN DIY menyelenggarakan Pelatihan Fungsional Dasar bagi PKB. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Shodiqin, S.H., MM. secara daring pada hari Selasa (30/8).

Peserta Pelatihan Fungsional Dasar ini merupakan pejabat fungsional PKB yang telah diangkat sebagai PNS (Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Pertama). Pelatihan yang diikuti oleh 78 (tujuh puluh delapan) PKB dari 15 (lima belas) Provinsi  ini diselenggarakan dalam 2 angkatan secara daring. Angkatan I dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2022 hingga 12 Oktober 2022 sedangkan angkatan II dilaksanakan tanggal 5 September hingga 19 Oktober 2022.

Setiap angkatan pelatihan terbagi menjadi tiga tahapan kegiatan. Diantaranya adalah (i) Tahap Distance Learning dengan proses pembelajaran secara mandiri baik secara synchronous maupun ansynchronous dengan fasilitator; (ii) Tahap On The Job Training (OJT) yang dilaksanakan selama 14 hari di lokasi kerja masing-masing; (iii) Tahap Seminar Akhir.

Pengajar/Fasilitator pada pelatihan ini adalah Pejabat Fungsional Widyaiswara dari Perwakilan BKKBN D.I. Yogyakarta dan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur serta Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Tertentu lainnya dari Perwakilan BKKBN D.I. Yogyakarta .

Setelah mengikuti Pelatihan Fungsional Dasar bagi PKB, diharapkan peserta meningkat pemahaman dan keterampilannya terkait 14 materi utama meliputi Program Bangga Kencana, Penerapan Zona Integritas dan Wilayah Bebas Dari Korupsi (ZI WBK), Program Percepatan Penurunan Stunting, Pembangunan Berwawasan Kependudukan, Program Kampung KB, Program Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Program Pembangunan Keluarga, Mekanisme Operasional Lini Lapangan dan Pengelolaan IMP, Advokasi Program Bangga Kencana, KIE dan Penyuluhan Program Bangga Kencana, Teknik Konseling, Sistem Informasi Keluarga (SIGA), Penggerakan Partisipasi Masyarakat, dan Dinamika Kelompok.

(Bidang Latbang)

WhatsApp Admin