TINGKATKAN UPAYA PENCEGAHAN STUNTING BAGI REMAJA, BKKBN DIY LAKSANAKAN TEMU KERJA FORUM GENRE

JOGJA – Program Generasi Berencana (GenRe) menjadi salah satu program yang menyokong peningkatan pembangunan keluarga, khususnya bagi remaja. Program ini dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga remaja mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

“Jadi, semua kalau terencana, maka semakin bagus. Kapan sekolah, bekerja, berkeluarga, punya anak, harus direncanakan dengan baik,” demikian Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Shodiqin, SH., MM., mengingatkan kepada peserta kegiatan Temu Kerja Forum GenRe.

Selanjutnya Kepala Perwakilan juga menyampaikan bahwa program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan Napza, agar remaja menjadi tangguh dan berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 September 2022 di Eastparc Hotel Yogyakarta tersebut dihadiri oleh peserta dari Forum GenRe DIY dan Kabupaten/Kota, PIK Remaja, mitra kerja OPD KB Kabupaten/Kota, Siklus Indonesia dan juga dari IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah).

Selain narasumber dari para Koordinator Bidang di lingkungan Perwakilan BKKBN DIY, pada kegiatan tersebut juga dilakukan sharing session pengelolaan PIK Remaja oleh PIK Police dari Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

PIK-R Police (Pelopor, Lincah dan Ceria) merupakan Pusat Informasi dan Konseling Remaja yang dirintis pada tahun 2013 dan memiliki keunggulan antara lain semangat yang sangat tinggi dari anggotanya dalam mengikuti kegiatan rutin, memiliki usaha kerajinan tangan dari flanel untuk kemandirian organisasi, mendapat dukungan dari berbagai pihak yaitu pemerintah, swasta dan sektor formal, memiliki kelompok binaan, serta menjadi tempat tujuan studi banding dari PIK-R lainnya.

Dengan digelarnya kegiatan temu kerja tersebut, diharapkan dapat menyebarluaskan informasi tentang Program Bangga Kencana kepada remaja yang lebih terholistik dan terintegratif dan sebagai upaya pencegahan/penurunan stunting pada remaja. Selain itu, ditujukan juga untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait program-program BKKBN secara keseluruhan.

DI/Humas

WhatsApp Admin